Iklan

Adv

Salat Tarawih di Masjid Roudlotul Muttaqin Klumpit Terapkan Physical Distancing

Rabu, 20 Mei 2020, 6:10:00 PM WIB Last Updated 2020-05-20T11:10:58Z
Warga Klumpit saat menunaikan salat tarawih.

Penulis: M.Nur

Salatiga,harian7.com - Meski adanya anjuran agar masyarakat tidak melaksanakan ibadah salat tarawih di tengah pandemi Covid-19. Namun di sejumlah daerah tetap melaksanakan tarawih di tengah pandemi corona covid-19.

Sepertihalnya di Masjid Roudlotul Muttaqin, RW 01  Klumpit Kelurahan Sidorejo Kidul Kecamatan Tingkir Kota Salatiga,  tetap menggelar ibadah salat tarawih. Hanya saja tidak seperti biasanya, ibadah salat tarawih tetap mematuhi protokol kesehatan.

Ketua Karang Taruna Sidorejo Kidul Abdul Aziz (26) saat dikonfirmasi harian7.com, Rabu (20/5/2020) mengatakan, penerapan jaga jarak atau physical distancing merupakan protokol kesehatan sehingga para jemaah yang hendak melaksanakan salat Tarawih tidak berdekatan.

"Penerapan jaga jarak ini atas inisiatif dari bapak - bapak takmir Masjid Roudlotul Muttaqin Klumpit mas. Takmir tetap memfasilitasi warga RW 1, Klumpit untuk tetap ibadah, namun harus sesuai protokol yang di anjurkan pemerintah,"ungkapnya.

Dengan diterapkannya jaga jarak, kami berharap masyarakat bisa tetap menjalankan ibadah meskipun dalam keadaan pandemi, namun juga tetap mengikuti protokol dan anjuran pemerintah.

"Orang-orang yang datang ke masjid untuk ibadah pasti sudah bersih dari rumah atau wudlu di masjid. Dan juga dalam masa-masa seperti, selain ikhtiar jasmani ikhtiar rohani juga sangat penting."

"Sudah ada pandemi di tambah lagi tidak ibadah justru akan semakin membuat keblinger dan tidak punya pegangan yang kuat. Ibadah dan memohon kepada Tuhan yang maha kuasa adalah bentuk ikhtiar batin dan rohani untuk lawan pandemi Covid-19,"tutur Azis.

Azis menambahkan, semoga masjid lainnya di buka untuk ibadah. Namun juga harus mematuhi anjuran baik pemerintah pusat maupun daerah terkait dengan physical distancing.

"Saat hendak masuk masjid, sudah disiapkan cuci tangan serta wajib pakai masker,"kata Azis.

Selain salat tarawih,  di Masjid Roudlotul Muttaqin nanti juga akan di pergunakan untuk sholat Idhul Fitri. "Namun hanya untuk warga khusus RW 01,"pungkasnya.

Sementara itu, Junaedi Abdilah warga setempat mengaku senang dan mendukung dengan diadakanya salat tarawih berjamaah di Masjid Masjid Roudlotul Muttaqin.

"Ikut senang,  alhamdulillah masyarakat bisa beribadah berjama'ah dan tetap menjalankan protokoler kesehatan untuk mencegah / memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Preventif kan lebih baik daripada kuratif,"kata Junaedi kepada harian7.com.

Ditambahkan Junaedi,"Sebagai masyarakat awam justru saat ini saya prihatin dengan mall, pasar, toko-toko, jalanan yang ramai orang  dan cenderung mengabaikan protokoler kesehatan,"tuturnya.(*)
Komentar

Tampilkan

Tidak ada komentar:

Terkini