Iklan

Adv

Dengan Dua ratus Rupiah Pengurus RT 01 RW 14 Tegalkamulyan Cilacap Bisa Bagi-Bagi Sembako Ke Warga

Senin, 11 Mei 2020, 1:28:00 AM WIB Last Updated 2020-05-10T18:45:04Z
Cilacap, Harian7.com - Pengurus Rukun Tetangga (RT) 01 RW 14 Kelurahan Tegalkamulyan Kecamatan Cilacap Selatan Kabupaten Cilacap memberikan paket sembako kepada warganya.

Kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat yang terdampak penyebaran Covid-19, di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Pemberian paket sembako yang dihadiri Lurah Tegalkamulyan, Maini, S.Sos dan Bhabinkamtibmas Tegalkamulyan, Aiptu Rizal Arianto, SH ini dilaksanakan Minggu, (10/05/2020) dilakukan dengan cara jemput bola, yakni panitia membagikan paket sembako ke rumah-rumah warga.

Ditemui disela-sela kegiatan, Ketua RT 01 RW 14, Kelurahan Tegalkamulyan, Dirun mengatakan, kegiatan pembagian sembako kepada warga ini dilakukan secara mandiri. Artinya, anggaran diambilkan dari uang jimpitan warga yang disimpan selama satu tahun.

"Uang jimpitan ini dikumpulkan setiap hari minimal Rp 200 per KK," katanya.

Dirun menambahkan, biasanya uang jimpitan tersebut untuk biaya kegiatan tasyakuran tujuhbelasan di RT an, namun berhubung tahun ini tidak diadakan, warga sepakat uang jimpitan dialihkan untuk bagi-bagi sembako.

"Bagi-bagi sembako selain meminimalisir penyebaran Covid-19, juga dalam rangka Idul Fitri," jelasnya.

Usulan kegiatan pemberian sembako kepada warga ini, tandasnya sebenarnya dari Bhabinkamtibmas Tegalkamulyan, Aiptu Rizal Arianto SH. Mendapat usulan yang positif tersebut, kami mengumpulkan pengurus RT untuk membahasnya.

"Setelah pengurus rapat pada Senin, (4/5/2020) malam lalu, akhirnya sepakat bahwa paket sembako untuk masing-masing kepala keluarga dibanderol Rp 100.000,-," ungkapnya.

Dia menjelaskan, isi paket sembako ini berupa 5 kg beras, 1 liter minyak goreng, 5 bungkus mie instan, 0,5 kg telur, 1 kaleng susu, dan 1 bungkus kecap.

"Bantuan ini untuk mengurangi beban masyarakat dalam kondisi pandemi Covid-19 dan menyiapkan untuk berbuka puasa. Terlebih imbauan pemerintah agar masyarakat tetap di rumah, jaga jarak, dan memakai masker jika bepergian keluar rumah," ucapnya.

Selain itu, mayoritas warga RT 01 RW 14 Tegalkamulyan adalah nelayan yang saat ini kondisinya sedang sepi.

"Kami berharap, warga peduli dengan lingkungan, membayar iuran jimpitan, kerja bakti, ronda malam, dan kegiatan-kegiatan di lingkungan RT. Dan bantuan sembako ini bisa mengurangi beban warga, karena ini dari kita untuk kita," tandasnya.

Lurah Tegalkamulyan, Maini, S.Sos mengucapkan terimakasih kepada pengurus RT 01 RW 14 Kelurahan Tegalkamulyan yang secara sukarela dan mandiri membentuk satuan gugus tugas pencegahan Covid-19.

"Hari ini mengadakan kegiatan sosial kemasyarakatan yang bersifat gotong-royong untuk meringankan sedikit beban warga di RT 01 dengan memberikan paket sembako hasil dari swadaya masyarakat RT 01 RW 14," katanya.

Sehingga masyarakat tetap sehat, menjaga kebersihan, berperilaku hidup bersih dan sehat.

Dengan cara ini, imbuhnya, insya Allah virus Corona akan dapat dicegah penyebarannya, dan tidak berkumpul berkerumun serta menjaga jarak dan cuci tangan pakai sabun.

Sementara, Bhabinkamtibmas Tegalkamulyan Aiptu Rizal Arianto, SH mengaku sangat mengapresiasi apa yang disampaikan oleh ketua RT, ide-idenya, karena kita dalam situasi pandemi Covid-19.

Sembako mandiri ini, menurutnya, juga merupakan ide kreatif. Semoga semua RT atau RW di Kelurahan Tegalkamulyan dapat mengikuti dan menjaga situasi yang kondusif.

"Saya harap warga selalu jaga jarak, pakai masker, jangan lupa mencuci tangan. Sehingga ini menghambat penyebaran Covid-19," pungkas Aiptu Rizal. (Rus)
Komentar

Tampilkan

Tidak ada komentar:

Terkini