Iklan

Adv

Temui Ganjar, Bocah 8 Tahun Serahkan Uang Tabungan Hasil Jualan Stiker Untuk Tenaga Medis

Senin, 20 April 2020, 2:27:00 AM WIB Last Updated 2020-04-19T19:28:06Z
Dua bocah saat menyerahkan uang tabunganya kepada Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo.
SEMARANG,harian7.com - Setahun belakangan, Olivia (8) dan Regina (6) rutin menabung uang di celengannya. Uang yang mereka tabung merupakan hasil jerih payah Olivia berjualan stiker di sekolah.

Berapapun uang yang dia dapatkan, entah itu Rp 2 ribu, Rp 5 ribu, maupun Rp 10 ribu, selalu dia tabung di celengan berwarna pink tersebut.

Semula, tabungan itu akan dipakai untuk membeli perlengkapan sekolah keduanya. Namun rencana Olivia berubah. Dia memilih menyumbangkan semua tabungannya untuk tenaga medis di Jawa Tengah.

Niat ini disampaikan Olivia kepada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Bersama kedua orangtuanya, Bimo Triwicaksono dan Angela Desi, Olivia dan Regina menemui Ganjar di rumah dinas Gubernur Jateng, Minggu (19/4/2020) sore, dan menyerahkan kaleng berwarna pink tersebut.

Saat Ganjar menanyai Olivia tentang alasan menyumbangkan tabungan itu, dengan polos Olivia menjawab, "Karena para medis kan ya butuh masker, Pak. Karena ada virus Corona."

Ganjar pun kembali bertanya, apa yang dimengerti Olivia tentang corona?

"Penyakit itu lho pak yang bikin orang meninggal kalau ketularan," kata siswa kelas 2 SD Theresiana, Kampung Kali, Kota Semarang tersebut.

Televisi

Semenjak sekolahnya diliburkan karena wabah covid-19, Olivia hanya bisa belajar di rumah bersama adiknya, Regina, yang belum bersekolah.

Awalnya, harinya dihabiskan untuk bermain dan mengerjakan tugas dari guru. Baru pada seminggu terakhir, tugas-tugas itu mulai berkurang karena dia lebih sering mengikuti pembelajaran dari stasiun televisi.

Di televisi pula, Olivia sering melihat berita perkembangan wabah corona. Dalam pemahamannya, corona adalah penyakit menular yang bisa membuat orang meninggal. Oleh karenanya dia ingin memberikan sesuatu kepada para dokter agar semakin kuat menghadapi virus itu.

"Ini mau ngasih celengan, buat pak Ganjar buat beli masker untuk para medis di rumah sakit. Setiap hari kami menabung lima ribu, dua ribu atau sepuluh ribu. Ini sudah satu tahun pak, uangnya dari hasil jualan stiker di sekolah," kata Olivia yang tinggal di Jalan Gunung Gebyok, Gajahmungkur Kota Semarang itu.

Olivia pun menuturkan, dia merelakan tabungannya karena saat ini dia tengah libur panjang, sehingga dia merasa tidak perlu membeli perlengkapan sekolah sekarang.

Sementara, para tenaga medis membutuhkan bantuan masker untuk wabah corona yang terjadi saat ini.

"Dok ini sumbangan saya. Supaya cepat selesai. Tapi saya gak tahu berapa jumlahnya," kata Olivia saat diminta Ganjar untuk menyampaikan pesan kepada para tenaga medis.

Bagi Ganjar, Olivia dan Regina telah melakukan hal yang luar biasa. Merelakan tabungannya selama satu tahun dari hasil dia jualan stiker, sampai kepeduliannya kepada tenaga medis.

Ganjar mengatakan, tabungan Olivia dan Regina selanjutnya akan diserahkan kepada Gugus Tugas Satgas Covid-19 Jateng.

"Ini tabungannya diterima pak Gubernur, buat beli masker. Besok nabung lagi ya," kata Ganjar.(*)

Editor : Choirul Amar
Sumber : Humas Prov Jateng
Komentar

Tampilkan

Tidak ada komentar:

Terkini