Iklan

Adv

Sikapi Pandemi Covid-19 dan Peringati HUT ke 39, PDAM Berikan Subsidi Pembayaran Rekening Air Selama 3 Bulan

Jumat, 24 April 2020, 9:56:00 PM WIB Last Updated 2020-04-24T14:56:32Z
Para nara sumber talk show PDAM Kab Semarang di Radio Rasika FM.
Laporan : Heru Santoso - Editor: M.Nur

UNGARAN, harian7.com - Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Semarang memberikan subsidi pembayaran rekening air selama tiga bulan, mulai bulan April, Mei dan Juni 2020. Subsidi yang diberikan sebesar 50 % hingga 100 % sesuai kategori golongan pelangga. Langkahnya ini, salah wujud kepedulian PDAM Kabupaten Semarang dalam menyikapi pandemi Covid-19 dan sekaligus “hadiah” peringatan HUT ke 39 PDAM yang jatuh pada tanggal 24 April. Demikian diungkapkan Guswakhid Hidayat ST MSi,  Direktur Utama (Dirut) PDAM Kab Semarang dalam acara “talk show” on air (siaran langsung) di Radio Rsika FM Ungaran, Jumat (24/04/2020).

“Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) PDAM ke 39 ini, kita peringati  tidak seperti tahun-tahun sebelumnya. Kali ini, diperingati tanpa ada acara seremonial.  Ini mengingat dengan situasi sekarang ini penuh dengan  keprihatinan di tengah pandemi Covid-19. Salah satu langkah nyata yang telah dilakukan PDAM dengan “aksi sosial” membagikan wastafel portabel, masker, hand sanitizer maupun bantuan lain kepada masyarakat,” katanya.

Baca juga:
BPBD Kab Pati Bagikan Bingkisan Kepada Tukang Becak dan Parkir

PWI Jateng Gelar Baksos Pada Awal Ramadhan



            Menurutnya, dalam melakukan aksi sosial tersebut, sasarannya adalah sejumlah pasar, pondok pesantren (ponpes), tempat ibadah, perkantoran maupun fasilitas umum yang lain yang banyak didatangi massa di kabupaten ini.        Selain membantu masyarakat secara umum, bentuk kepedulian lain dari PDAM adalah memberikan subsidi pembayaran rekening air sebesar 50% hingga 100 % untuk periode pemakaian air bulan April, Mei, dan Juni 2020.

“Subsidi sebesar 100 % diberikan kepada golongan pelanggan sosial umum ( hidran umum/kran, terminal air, tempat ibadah, kamar mandi dan WC umum non komersial). Lalu, sosial khusus (panti asuhan, panti jompo dan sejenisnya, LP, tempat rehabilitasi dan sejenisnya, serta ponpes, madrasah, seminari,  dan sejenisnya). Kemudian, rumah sederhana. Dan untuk subsidi sebesar 50 % diberikan kepada golongan semi menengah (rumah kayu jati sampai type 54, rumah type 21 sudah dikembangkan atau bertingkat, sampai rumah type 54 standar, mess TNI dan Polri serta flat (rumah apartemen). Subsidi ini diberikan sebagai salah satu bukti nyata PDAM di tengah dampak pandemi corona. Harapannya, adanya subsidi ini dapat membantu dan meringankan beban pelanggan pada situasi menghadapi pandemi Covid-19 sekarang ini,” tutur Guswakhid Hidayat.

Sementara itu, Anggota Komisi B DPRD Kab Semarang, Rizka Dwi Prasetyo memberikan apresiasi kepada PDAM dengan keputusannya memberikan subsidi pembayaran rekening air kepada pelanggan atau masyarakat. Kebijakan PDAM tersebut dinilainya layak ditiru oleh perusahaan yang lain dalam berpartisipasi secara sosial saat menghadapi situasi seperti sekarang ini.

“Pesan saya kepada masyarakat di Kabupaten Semarang ini, menghadapi pandemi Covid-19 ini, hendaknya tetap semangat dan kuat. Saya berharap, masyarakat manapun jangan sampai meninggalkan tolong menolong bahkan jangan sampai mengucilkan orang dengan status ODP, PDP, maupun positif Covid-19. Apalagi, saat mereka dinyatakan bebas Covid-19 maka statusnya sama seperti warga yang lain. Sekali lagi, jangan sampai kita berbuat mengucilkan mereka,” ujar politisi PDI Perjuangan dari Kecamatan Getasan.

Sedangkan, pesannya kepada pelanggan PDAM, hendaknya dapat memakai atau menggunakan air bersih ini sesuai dengan kebutuhan. Apalagi, dalam memperingati HUT ke 39 ini, PDAM telah memberikan subsidi pembayaran rekening air mulai 50% hingga 100%, ini adalah bukti nyata pelayanan PDAM kepada masyarakat. Langkah berani ini, harus didukung.

Dalam acara talk show tersebut, sebagai nara sumber (pembicara) masing-masing Guswakhid Hidayat ST MSi (Dirut PDAM Kab Semarang), Rizka Dwi Prasetyo (anggota Komisi B DPRD Kab Semarang), BW Heru Santoso (Ketua Forum Komunikasi Pelanggan (FKP) PDAM Cabang Ambarawa), KH Zaenal Abidin dan Abdul Muiz (perwakilan FKP Cabang Ungaran). Dan acara dipandu oleh Haris WB, Radio Rasika FM, yang juga anggota FKP PDAM Cabang Ungaran. (Heru Santoso)
Komentar

Tampilkan

Tidak ada komentar:

Terkini