Iklan

Adv

Polres Salatiga Canangkan Kampung Siaga COVID-19

Senin, 13 April 2020, 12:31:00 PM WIB Last Updated 2020-04-13T05:40:20Z
Laporan: M.Nur

Salatiga,harian7.com - Dalam rangka mengajak masyarakat untuk bersama-sama menanggulangi penyebaran virus corona atau COVID-19, Polres Salatiga mencanangkan  Kampung Siaga Covid-19 di Kemiri 1 RT 04 dan 06 RW 11, Kel. Salatiga Kec. Sidorejo Kota Salatiga, Senin, (13/04/2020).

Kapolres Salatiga AKBP Rahmad Hidayat SS melalui Kasubbag Humas AKP Joko Lelono SH kepada harian7.com mengatakan, pencanangan Kampung Siaga Covid-19 ini merupakan tindak lanjut dari arahan Kapolda Jawa Tengah, dalam rangka  berupaya memutus mata rantai penyebaran covid-19, dengan memberdayakan masyarakat melalui Siaga Covid-19.

"Mengingat saat ini penyebaran Covid-19 sangat cepat,  bahkan dinegara maju dengan  standar kesehatan yang sangat tinggi baik dari segi peralatan maupun kesadaran masyarakatnya terhadap kesehatan juga terdampak, seperti Amerika Serikat, Jerman, Italia dan negara maju lainnya,"kata AKP Joko.

 Lanjut AKP Joko Lelono, sekarang Covid-19 juga sudah  melanda Indonesia, yang mana warganya di kenal dengan guyub rukun dan suka berkumpul, kegiatan apapun banyak melibatkan warga, hal ini merupakan tantangan tersendiri untuk mencegah penyebaran covid19.

"Atas hal tersebut Polres Salatiga menginisiasi terbentuknya Kampung Siaga Covid-19 untuk menumbuhkan kesadaran bersama dalam menjaga pola hidup bersih dan sehat, sehingga kita harapkan baik ODP maupun PDP tidak akan pernah bertambah di Kota Salatiga, dan orang yang sehat tidak menjadi sakit dan yang sakit bisa segera sembuh,"tutur AKP Joko Lelono.

AKP Joko menambahkan, sebagai langkah awal pencanangan Kampung Siaga Covid-19 ini, dilaksanakan di Kampung Kemiri 1 RT 04 RT 06 RW 11 Kel. Salatiga Kec. Sidorejo Kota Salatiga."Wilayah ini sangat majemuk dan warganya berasal hampir dari seluruh Wilayah Indonesia, kedepan setiap wilayah akan dicanangkan Kampung Siaga Covid19 sehingga peran warga sangat diharapkan dapat memutus mata rantai penyebaran Covid19,"tambahnya.

Sementara itu, Toni selaku Ketua RW 11 Kemiri, mengucapkan terimakasih atas prakarsa dari Kapolres Salatiga dengan Program Kampung Siaga Covid19."Semoga dengan program tersebut diharapkan dapat memutus mata rantai penyebaran Covid19 yang sudah menjadi pandemi global, khususnya Kota Salatiga dapat terbebas dari Covid19,"ucapnya.

Hal senada juga disampaikan Kepala Puskemas Sidorejo dr Nur Wahyu. Ia menyatakan merasa tersupport dengan adanya inisiasi dari Kapolres Salatiga. Dengan terbentuknya Kampung Siaga Covid-19, hal ini sebagai wujud nyata dukungan bagi tenaga kesehatan dan masyarakat dalam upaya mencegah penyebaran Covid19, tentunya harus dapat dijadikan motifasi masyarakat untuk lebih berperilaku hidup bersih dan sehat.

"Yang paling efektif dalam mencegah penyebaran Covid19 adalah dengan cuci tangan menggunakan air mengalir dan sabun setiap habis aktifitas,"katanya.

"Selanjutnya apabila ada warga yang dari luar kota segera  melaporkan diri atau melaksanakan auto isolasi mandiri selama 14 hari,  selain itu jangan keluar luar rumah apabila tidak ada kepentingan khusus dan apibila beraktifitas gunakan masker.  Selain itu physical distancing merupakan cara paling efektif memutus mata rantai penyebaran Covid19,"pesan dr Nur Wahyu.

Sementara dari pantauan harian7.com dalam acara  tersebut, Kapolres Salatiga menyerahkan APD berupa masker diperuntukkan bagi warga yang secara simbolis diberikan kepada Ketua RT dan Ketua RW, tempat cuci tangan dan cairan disinfektan serta hand sanitizer. Selain itu Kapolres juga  berpesan agar dimanfaatkan sebaik mungkin sehingga penyebaran virus Covid-19 dapat diputus mata rantainya, dan Kota Salatiga dapat terbebas dari wabah Corona.(*)
Komentar

Tampilkan

Tidak ada komentar:

Terkini