Iklan

Iklan

,

Iklan

Bank Sembako Wijaya Kusuma Kelurahan Genuk, Untuk Ringankan Warga Terdampak Covid-19

Redaksi
Kamis, 30 April 2020, 21:26 WIB Last Updated 2020-04-30T14:26:41Z
Bank sembako saat memberikan bantuan kepada warga.
Penulis: Arie Budi - Kontributor Kab Semarang

Ungaran,harian7.com - Untuk membantu masyarakat terdampak virus Corona, warga Wijaya Kusuma Kelurahan Genuk Kecamatan Ungaran Barat Kab Semarang, menggelar kegiatan Bank Sembako Satgas Covid-19. Adapun acara yang digelar pada Kamis (30/4/2020) mengambil tema "Dari Warga  Untuk Warga".

Kegiatan ini dipelopori oleh Joko Pras selaku ketua RT 02 RW 08 Kelurahan Genuk Kecamatan Ungaran Barat, sekaligus sebagai Ketua Satgas Covid-19 Kelurahan Genuk.

Dalam kegiatan tersebut ia mengajak warganya untuk wajib menggunakan masker. Selain itu bagi warga kurang mampu dan yang membutuhkan maka  disediakan Bank Sembako.

"Bank sembako ini diperoleh dari warga masyarakat yang punya rejeki lebih dam donatur maupun relawan beberapa warga yang peduli masyarakat terdampak covid-19,"kata Joko.

"Bahan bantuannya diantaranya beras, telur, minyak goreng, gula pasir, mie instan, kopi dan teh,"jelas Joko.

Ditambahkan Joko, dari Satgas Covid-19 Kelurahan Genuk sebelum mengambil bahan Sembako, maka  wajib mematuhi aturan yang ada yaitu, cuci tangan dan wajib menggunakan masker juga dari Satgas memberikan pengarahan atau sosialisasi pentingnya menggukanan masker dan cuci tangan.

"Bank Sembako ini diawali dari keberadaan warga yang  terdampak covid-19, mau tidak mau sebagai pengurus lingkungan kita harus memikirkan kebutuhan warga dengan mengadakan Bank Sembako, "terang Joko.

" Yang mana Bank Sembako yang mana  kita tampung bantuan dari warga yang mampu dan kita kemas untuk warga yang sangat membutuhkan atau kita inginkan  dan kita shere atau beritahukan untuk yang membutuhkan untuk mengambil bahan sembako di bank sembako tersebut, " ujarnya.

" Bahan ini kebanyakan dari warga sendiri yang mampu dengan sengkuyung sekali dengan iklas dan sukarela untuk membantu, "ucap Joko.

" Untuk sasarannya adalah yang pertama untuk warga sekitar dulu, tapi dengan melihat perkembangannya dan bahan bahannya yang masuk ke kami bisa mengafer ke RT lain juga bisa, tapi bila ada warga dari luar yang sangat membutuhkan tetap kita bantu dengan melihat bahan yang ada,"tutur Joko.

"Harapannya Covid 19 segera cepat berakhir dan untuk kondisi sekarang ini saling berbagi atau orang -orang yang mampu dapat membantu orang yang sangat membutuhkan, Kegiatan ini juga program dari Satgas Covid-19 Kelurahan Genuk yang kebetulan saya juga sebagai Ketuanya dan saya melihat  bahwa pengajuan sembako untuk Warga belum terealisasikan karena jadwalnya blm ada sehingga kami harus berinisiatif untuk menjaga kebutuhan warga, " pungkas Joko.

Sementara itu, Yuni (49) warga Wijayakusuma 2 RT 02 RW 08 Kelurahan Genuk Kecamatan Ungaran Barat menyampaikan,"Senang adanya Bank Sembako bisa membantu warga yang membutuhkan dan saya sangat berterima kasih dengan adanya bank sembako di kampung ini," katanya.

"Dan semoga banyak donatur yang datang kesini bisa membantu warga yang membutuhkan, dan semoga keadaan ini bisa berlalu sehingga dapat beraktifitas kembali, "ucapnya.

Ningrum (42) warga Wijayakusuma 2 RT02 RW08 Kelurahan Genuk Kecamatan Ungaran Barat juga menyampaikan, " Dengan adanya bank sembako bisa membantu masyarakat yang berdampak covid-19, " ucapnya.

Semoga dengan adanya bank sembako ini bisa berkembang dicontoh di wilayah lainya, dan semoga wabah ini cepat berakhir dan kembali normal," pungkasnya.(*)

Iklan