Iklan

Iklan

,

Iklan

 


Walikota Semarang Pimpin Penyemprotan Disinfektan

Redaksi
Senin, 16 Maret 2020, 21:06 WIB Last Updated 2020-03-16T14:07:08Z
Walikota Semarang Hendrar Prihadi memimpin langsung kegiatan penyemprotan disenfektan pada area publik di Kota Semarang
SEMARANG,harian7.com - Usai mengeluarkan surat edaran terkait pencegahan penyebaran virus corona Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi terus bergerak cepat melakukan upaya nyata pencegahan virus Covid-19 tersebut. 

Salah satunya dengan memimpin langsung kegiatan penyemprotan disinfektan pada sejumlah area publik di Kota Semarang. Bersama tim gabungan penyemprot cairan disinfektan, rombongan tim bergerak sejumlah tempat pelayanan publik seperti halte bus, area perkantoran, tempat ibadah, hingga lingkungan tempat wisata.  

Adapun tim gabungan yang saat itu mendapat pengarahan langsung dari Hendi terdiri dari 3 tim. masing-masing tim beranggotakan 10 orang. Tim terdiri dari Dinas Kesehatan Kota Semarang, BPBD Kota Semarang, Dinas Perhubungan Kota Semarang, dan Dinas Pertanian Kota Semarang. 

Hendi mengatakan setiap harinya masing-masing tim akan melakukan penyemprotan pada 5 area berbeda yang berpotensi menjadi tempat kerumunan massa.

"Beberapa tempat yang menjadi konsentrasi aktifitas masyarakat sehari - hari menjadi sasaran utaman yang kita kerjakan hari ini seperti halte BRT, masjid, gereja, taman, dan tempat layanan publik lainnya,"ujarnya, Senin (16/3/2020).

Langkah ini lanjutnya adalah ikhtiar sekaligus untuk menjawab kepanikan warga. Langkah preventif ini juga sebagai upaya menghentikan persebaran virus Covid – 19 atau virus corona di Kota Semarang. Untuk itu kegiatan sterilisasi di Kota Semarang ini akan terus dilakukan hingga batas waktu yang belum ditentukan yaitu hingga penyebaran virus benar - benar hilang dan masyarakat tak lagi cemas. 

Pasalnya, lanjutnya, melalui media sosial banyak jempol bersuara dan menyebabkan kepanikan warga. 

"Semua merasa punya informasi dan bersuara sehingga hasilnya adalah kepanikan. Maka kita tidak perlu menjawab dengan kata-kata tetapi dengan bekerja,"tuturnya.

Dia menambahkan jika penyemprotan disinfektan bukanlah kali pertama yang dilakukan oleh Pemerintah kota Semarang. Sebelumnya, hal yang sama sudah dilakukan di destinasi wisata Kota Lama, Lawang Sewu, serta tempat wisata lainnya. 

"Kota Lama sudah mulai kita semprot disinfektan dari kemarin Untuk pelayanan kepada masyarakat tetap kita lakukan secara maksimal, namun sedikit kita kurangi berinteraksi secara langsung, kita minimkan bersentuhan, dan masyarakat yang mendapatkan pelayanan harus memperoleh fasilitas disinfektan juga,"ujar Hendi.

Iklan