Iklan

Adv

Satu Warga Positif Virus Corona (Covid-19), Pemkot Salatiga Tetapkan Status Tanggap Darurat

Selasa, 31 Maret 2020, 10:05:00 PM WIB Last Updated 2020-03-31T15:05:29Z
Walikota Salatiga Yuliyanto SE MM saat memberikan keterangan pers.
SALATIGA, harian7.com – Terkait dengan adanya warga Salatiga yang terindikasi positif terjangkit virus Corona (Covid-19), Pemkot Salatiga menetapkan status tanggap darurat. Warga tersebut sempat menjalani perawatan di RSPAW Salatiga dan sesuai permintaan keluarganya, kini dipindahkan di RS Kariadi Kota Semarang. Demikian dijelaskan Walikota Salatiga Yuliyanto SE MM dalam keterangan pers, Selasa (31/03/2020).

            “Dengan adanya salah seorang warga Salatiga yang terindikasi positif virus Corona (Covid-19) itu, kini Pemkot Salatiga menetapkan status tanggap darurat. Kini, warga tersebut menjalani perawatan di RS Kariadi Semarang,” katanya.

            Ditambahkan, bahwa pasien postif terjangkit virus Corona (Covid-19) itu, kesehariannya sebagai dosen di salah satu perguruan tinggi di Salatiga. Sebelumnya, sempat melakukan perjalanan ke Amerika Serikat (AS). Usai dari AS, kembali ke Slatiga dan mempunyai gejala mirip terserang virus Corona, lalu melakukan pemeriksaan dan hasil pemeriksaan merekomendasikan untuk menjalani isolasi mandiri selama 14 hari. Namun, usai menjalani isolasi itu, ternyata kondisi kesehatannya tidak juga membaik.

“Selanjutnya pasien itu dijemput petugas Dinas Kesehatan Kota (DKK) Salatiga untuk dilakukan isolasi di Rumah Sakit Paru Dr Ario Wirawan (RSPAW) Salatiga. Senin (30/03/2020) malam, pasien itu

dirujuk ke RS Kariadi Semarang. Rujukan ini sesuai dengan permintaan keluarga dari pasien itu,” kata Yuliyanto.

Ditambahkan Yuliyanto, bahwa hingga kini seluruh komponen pemerintah untuk bergerak bersama melakukan antisipasi pencegahan penyebaran virus Corona (Covid-19). Hal ini harus dilakukan agar virus tersebut tidak menyebar luas. Himbauannya, masyarakat tetap waspada dan taat akan informasi atau protokol pemerintah.

“Masyarakat mulai tingkat RT dan RW agar selalu menerapkan protokol dari pemerintah. Salah satunya dengan melakukan cuci tangan menggunakan sabun. Lalu, menjaga jarak serta segera lapor jika ada keluarganya yang mempunyai gejala mirip dengan terserang virus Corona (Covid-19),” tandasnya. (*)


Laporan Jurnalis harian7.com : Heru Santoso

Berita terkait:
1 Warga Diduga Positif Virus Corona Malam Ini Dirujuk ke RS Kariadi, Walikota Salatiga : 'Masyarakat Jangan Percaya Berita Hoax, Percayakan Berita Dari Pemerintah'
Komentar

Tampilkan

Tidak ada komentar:

Terkini