Iklan

Iklan

,

Iklan

 


Gus Menteri: Dalam Pengelolaan DD Tahun 2020, Agar Prioritaskan Pemberdayaan Masyarakat dan Pengembangan Ekonomi Desa

Redaksi
Selasa, 10 Maret 2020, 00:36 WIB Last Updated 2020-03-09T17:37:42Z
Jakarta, harian7.com - Dalam pengelolaan dana desa tahun 2020 agar di prioritaskan untuk pemberdayaan masyarakat desa dan pengembangan ekonomi desa. Demikian diungkapkan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar saat berkomunikasi melalui Teleconference bersama Bupati Majalengka dan sejumlah Kepala Desa yang ada di Majelangka di Ruang Kendali, Kantor Kemendes PDTT, Senin (9/3/2020) kemarin.

"Untuk pembangunan infrastruktur diharapkan pembangunannya yang bisa menjadi pendukung dalam pemberdayaan masyarakat desa maupun peningkatan ekonomi seperti bangun irigasi, bangun PAUD dan lainnya," kata Abdul Halim Iskandar yang akrab di sapa Gus Menteri.

Ditambahkan Gus Menteri, dalam pembangunan infrastruktur tersebut, diwajibkan untuk dilakukan secara swakelola dengan sistem padat karya tunai agar menambah kesejahteraan masyarakat desa dan pertumbuhan perekonomian didesa.

"Untuk transaksi dalam pembelian bahan-bahan kebutuhan dalam pembangunan infrastruktur dan penggajiannya diharapkan dilakukan secara non tunai,"tandasnya.

Lebih lanjut, Gus Menteri mengapresiasi kepada Bupati dan Kades yang sedang berupaya meningkatkan perekonomian dengan membangun wisata. Pasalnya, pengembangan wisata dinilai akan tahan terdapat gejolak ekonomi.

"Ada dua hal yang tidak terdampak krisis ekonomi yakni wisata dan kuliner. kalau satu atau dua hal ini terpenuhi, saya optimis kedua hal ini akan menciptekan pertumbuhan ekonomi desa dan peningkatkan ekonomi masyarakat desa karena kedua hal inilah yang hanya mampu menahan krisis atau gejolak ekonomi,"pungkasnya.(Yuan/rls/kemendes)

Iklan