Info link

Adv

Gegana Brimob Polda Jateng Gelar Simulasi Penanganan Covid-19

Rabu, 18 Maret 2020, 3/18/2020 02:57:00 PM WIB Last Updated 2020-03-19T13:35:15Z

Simulasi yang dilakukan oleh tim Gegana Polda Jawa Tengah (Foto : Andi Saputra/harian7.com)
SEMARANG, harian7.com - Dalam menangani serta pencegahan virus corona (covid19) yang akhir-akhir ini terjadi, tim gegana Brimob Polda Jawa Tengah (Jateng) selenggarakan latihan simulasi yang digelar, di area Mako Brimob Srondol, Rabu (18/3/2020).

Karoops Polda Jateng Kombes Pol Rachmad Widodo mengatakan simulasi ini menjadi rangkaian pelatihan dan penanggulangan penyebaran virus corona diikuti oleh ratusan personil dari 35 Polres di jajaran Polda Jawa Tengah (Jateng).

"Pelatihan ini dengan cara memberikan bantuan ke beberapa instansi agar memberikan dan melakukan penyemprotan disinfektan ditempat keramaian serta dikunjungi banyak orang,"ujarnya.

Menurutnya, hindari dulu tempat-tempat keramaian yaitu seperti pasar, swalayan, mall, bioskop dan tempat ibadah.

Dia menambahkan agar masyarakat yang akan melakukan cek kesehatan bisa menghubungi Polri atau BPPD tidak dipungut biaya (gratis).

Selain itu, lanjutnya, personil yang mengikuti pelatihan tersebut juga bisa untuk mengamankan diri untuk menjaga kesehatan dengan cara melakukan olah raga serta cuci tangan dengan menggunakan sabun.

"Materi yang paling penting yaitu sebelum melakukan penyemprotan adalah dengan mengamankan diri sendiri dulu,"tuturnya.

Sementara itu, Kalakhar BPBD Provinsi Jateng Sudaryanto menuturkan telah menetapkan empat wilayah prioritas untuk didisinfeksi. Empat wilayah tersebut yaitu Kota Solo, Kota Magelang, Kota Semarang, dan Purwokerto sudah ada peralatannya.

"Kita juga masih menunggu perintah dari Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo tentang kegiatan strerilisasi ruang publik. Namun pihaknya siap bila sewaktu-waktu diminta untuk melakukan sterilisasi,"tutur Sudaryanto.

Pantauan di lapangan, tampak kesiapan peralatan pendukung personil penyemprot desinfektan mulai dari Alat Pelindung Diri (APD), tabung pernafasan khusus, tenda dekontaminasi, dekontaminasi shower, hingga material desinfektan yang dipastikan mencukupi kebutuhan Jawa Tengah (Jateng).

Editor : M.Nur
Komentar

Tampilkan

Tidak ada komentar:

Terkini