Info link

Adv

"Yayasan Sahabat Payung Merah" Siap Dampingi ODHA, ADHA dan Korban NAPZA - Sementara Fokus di Kota Salatiga

Sabtu, 08 Februari 2020, 2/08/2020 02:39:00 AM WIB Last Updated 2020-02-07T19:39:19Z
Suasana launching Yayasan Sahabat Payung Merah.
SALATIGA, harian7.com - Yayasan yang bergerak di bidang sosial kemanusiaan khususnya dalam pendampingan terhadap orang dengan HIV/AIDS (ODHA) maupun korban NAPZA, berdiri di Kota Salatiga. Menandai berdirinya yayasan tersebut ditandai dengan launching secara resmi pada Kamis (6/2/2020) kemarin.

Yayasan itu adalah "Yayasan Sahabat Payung Merah", salah satu latar belakang berdirinya yayasan itu adalah adanya bentuk kepedulian munculnya permasalahan kesehatan masyarakat serta kondisi sosial yang ditimbulkan. Melalui yayasan ini, harapannya dapat terlibat aktif dalam upaya memecahkan permasalahan yang belum terselesaikan oleh pemerintah.

"Konsentrasi utama dalam Yayasan Sahabat Payung Merah ini, terkait dengan issu pencegahan penularan HIV/AIDS serta pendampingan korban narkotika dan zat adiktif lainnya (NAPZA)," kata Doddy Sulistyanto, Ketua Yayasan Sahabat Payung Merah didampingi Ir Yunus Prasetyo dan Ratih Diaz kepada harian7.com, di Kedai Payung Merah Jalan Cemara 38.A Kemiri, Kota Salatiga, Jumat (7/2/2020).
Doddy Sulistyanto, Ketua Yayasan Sahabat Payung Merah.

Ditambahkan, bahwa sasaran pelayanan Yayasan Sahabat Payung Merah ini adalah komunitas terinveksi HIV ataupun Orang Dengan HIV/AIDS (ODHA) serta Anak Dengan HIV/AIDS (ADHA). Lalu, komunitas korban NAPZA, komunitas transgender, komunitas LSL/MSM/Gay/Homoseksual. Serta komunitas minoritas terdampak lainnya.

"Sebelum launching yayasan ini, kami telah bergerak dalam komunitas peduli AIDS sejak tahun 2016 lalu. Bahkan, telah melaksanakan pendampingan bersama dengan ODHA maupun korban NAPZA. Dengan adanya yayasan ini, maka langkah kami akan semakin kuat," ujar Doddy S, yang juga alumni SMA Kristen 1 Salatiga.

Selama ini, sebelum ada yayasan pihaknya bersama komunitasnya telah melaksanakan pendampingan terhadap ODHA sebanyak 45 orang dewasa dan 24 anak-anak. Pecandu korban NAPZA ada 50 orang, kelompok pekerja seks yang sudah dijangkau dan didampingi ada 411 orang. Dengan adanya yayasan ini maka boleh dikatakan telah melebarkan sayap pelayanannya kepada masyarakat.

Dalam kepengurusan yayasan ini diantaranya, Doddy Sulistyanto (Ketua), Tony Hendriyanto (Sekretaris), Ratih Diaz Astuti (Bendahara). Sebagai Pembina adalah Ir Yunus Prasetyo ( dari Yayasan Lentera Solo) dan sebagai pengawas adalah Ir Puger Mulyono.

Sekretariat Yayasan Sahabat Payung Merah di Jl Sinoman Tempel - Gang Damai RT 02 RW 04, Kecamatan Sidorejo, Kita Salatiga. Dan untuk 'base camp' di Kedai Payung Merah Jalan Cemara 38.A Kemiri, Kecamatan Sidorejo, Kota Salatiga. (Heru Santoso)
Komentar

Tampilkan

Tidak ada komentar:

Terkini