Info link

Adv

Wakapolres Salatiga Hadiri Ibadah Perayaan Galungan Bersama Umat Hindu Salatiga

Kamis, 20 Februari 2020, 2/20/2020 02:08:00 PM WIB Last Updated 2020-02-20T07:08:29Z
Wakapolres Salatiga Kompol Kristanto Budi Nursetya SSos saat memberikan sambutan dalam perayaan Hari Galungan.
SALATIGA, harian7.com - Tidak kurang 50-an umat Hindu di Kota Salatiga menghadiri Perayaan Ibadah Galungan di Pura Aditya Dharma di Warak, Kel Dukuh, Kec Sidomukti, Kota Salatiga, Rabu (19/2/2020). Wakapolres Salatiga Kompol Kristanto Budi Nursetya S.Sos ikut menghadiri kegiatan tersebut.

Dalam ibadah tersebut dipimpin Rhomo Whiku Satya Dharma Delaga bersama Panandita Pura I Nyoman Suasma dan Pengurus PHDI Kota Salatiga.
Panandita I Mangku Nyoman Suasma menyatakan, bahwa pihaknya menyampaikan apresiasinya atas jalinan sinergitas kemitraan yang telah terjalin dengan Polres Salatiga bersama seluruh lapisan masyarakat. Tidak terkecuali umat Hindu sangat bersyukur dapat merayakan ibadah galungan  dengan aman dan nyaman.

"Hari Raya Galungan ini intinya untuk menuju Dharma kita hidup di pengaruhi oleh rajas di mulai dari pikiran maka berpikirlah yang baik dan turun ke wacana dan kata yang baik pula dari kata yang baik akan memunculkan perilaku yang sopan," jelas I Mangku Nyoman Suasma.

Ditambahkan, bahwa Satwa adalah yang menjiwai kita semua dan sangat berpengaruh dalam perilaku apabila manusia menjiwai satwa cenderung pada kebaikan dan kemudian memegang teguh ajaran Hindhu yang bersifat positif.

"Kita sebagai makhluk sosial Rajas adalah sifat kebimbangan pada umat apabila rajas menjiwai kita akan merasa bimbang dan muncul kesombongan dan timbul angkara murka dan timbul tamas atau tamak," tandas I Nyoman Suasma, yang juga mantan Kasubbag Humas Polres Salatiga.

Sementara, Waka Polres Salatiga Kompol Kristanto Budi Nursetya SSos tidak lupa mengucapkan terimakasih karena secara bersama-sama untuk membangun dan menjaga keamanan di wilayah Kota Salatiga. Hari Galungan ini adalah hari kemenangan kebaikan melawan keburukan, tentunya perayaan Galungan ini jangan sebatas memaknai hari kemenangan tetapi juga di terapkan dalam kehidupan.

"Harapannya, masyarakat Hindu ini dapat berpartisipasi untuk pembangunan Kota Salatiga dengan cara memaknai hari Galungan ini dengan cara diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Ini agar supaya Kota Salatiga tetap aman dan kondusif, Polres Salatiga akan memberikan jaminan keamanan sehingga umat Hindu dapat khusuk dan nyaman dalam beribadah," pungkas Kompol Kristanto Budi Nursetya S.Sos didampingi Kasubbag Humas AKP Djoko Lelono. (Heru Santoso)
Komentar

Tampilkan

Tidak ada komentar:

Terkini