Info link

Adv

Mahasiswa Fiskom UKSW dan Urkes Polres Salatiga Gelar Talk Show, Bahas Tentang Pola Hidup Sehat Kepada Kaum Millenial

Kamis, 06 Februari 2020, 2/06/2020 01:18:00 PM WIB Last Updated 2020-02-06T06:24:54Z
Mahasiswa Fiskom UKSW dan Urdokkes Polres Salatiga, saat talk show dialun alun - alun Pancasila Salatiga.
Salatiga,harian7.com - Dalam rangka memberikan pemahaman yang baik kepada masyarakat khususnya kaum millenial tentang pentingnya menjaga kesehatan dengan pola hidup yang sehat,  Mahasiswa Fiskom (Fakultas Ilmu Komunikasi) UKSW (Universitas Kristen Satya Wacana) Salatiga mengandeng Urdokkes Polres Salatiga, menggelar talk show di Alun-Alun Pancasila Salatiga, Kamis, (06/12/2020).

Dalam acara tersebut dalam sesi tanya jawab,  Mahasiswa Fiskom UKSW Salatiga, menanyakan mengenai gaya hidup sehat yang baik serta pengaruh istirahat yang baik terhadap kesehatan.

Selaku narasumber Paurkes Polres Salatiga Iptu Mulyadi AMK, menanggapi pertanyaan tersebut menyampaikan, kepada kaum millenial yang ikut menyaksikan bahwa pola hidup sehat harus dimulai dengan pola makan yang sehat artinya asupan gizi yang seimbang antara karbohidrat, protein dan vitamin.

"Jadi selain menerapkan pola makan yang teratur juga diimbangi dengan  rajin olah raga, karena dengan olah raga dapat menyeimbangkan antara asupan gizi yang masuk dengan yang dikeluarkan untuk aktifitas,"jelasnya.

Ditambahkan Iptu Mulyadi AMK, selain itu  yang tidak kalah penting juga  menjaga tingkat stres kita, karena stres sangat berpengaruh terhadap kesehatan biarpun pola makan kita teratur serta rajin olah raga.  Untuk itu apabila tingkat stres kita juga tinggi maka sangat berpengaruh terhadap kesehatan.

"Hal ini (stres-red) bisa kita rasakan bersama misalnya ketika kita dituntut dalam beban kerja yang tinggi, atau misalnya kaum millenial ketika menghadapi ujian, skripsi bahkan ketika diputus pacarnya maka akan menimbulkan stres dan apabila tidak dapat mengendalikan diri akan sangat berpengaruh bagi kesehatan kita,"tambahnya.

Untuk mengenai  istirahat yang baik, lanjut  Iptu Mulyadi AMK, tak kalah penting untuk pengaruh bagi kesehatan kita."Tubuh kita ibarat mesin adakalanya butuh istirahat, dan stirahat yang paling baik adalah dengan tidur, untuk kebutuhan tidur sendiri yang paling baik antara 6 sampai 8 jam tiap harinya, jelasnya Iptu Mulyadi AMK,"terangnya.

Selanjutnya, mahasiswa dari Fiskom UKSW menanyakan mengenai beberapa tentang  dampak  penggunakan vape dan minuman beralkohol serta mengkonsumi yang mengandung  kafein.

Mendapati pertanyaan tersebut Iptu Mulyadi AMK menjelaskan, bahwa dampak dari penggunakan vape tidak kalah buruknya dengan rokok. Karena hal tersebut didasarkan banyaknya kasus masalah kesehatan bagi pengguna vape.

"Jadi mengenai dampak buruk perokok dan pengguna vape sama sama tidak baik untuk kesehatan. Karena keduanya berdampak pada masalah paru-paru dan hal tersebut dikuatkan dari berbagai penelitian yang ada bahwa vape juga sangat berbahaya bagi kesehatan,"ungkapnya.

Terus untuk minuman yang mengandung alkohol, tentunya itu sangat tidak baik bagi kesehatan, sedangkan minuman yang mengandung kafein seperti kopi maupun teh dihimbau agar dalam mengkonsumsinya jangan berlebihan.

"Untuk mengenai minuman yang mengandung kafein hendaknya dalam mengkonsumsinya jangan berlebihan. Karena apabila berlebihan tentunya akan berdampak pada kesehatan, misalnya minum kopi menjelang  saat malam hari akan berpengaruh tidak mudah tidur sehingga istirahat menjadi berkurang kwalitasnya,"pungkasnya.

Sementara itu, Hjon Edwar Ketua Tim Mahasiswa Fiskom UKSW menyampaikan,"Kami ucapkan banyak terimakasih atas penjelasan yang disampaikan.  Tentunya hal ini akan banyak manfaatnya apabila dipahami oleh masyarakat, utamanya kaum millenial sehingga nantinya dapat lebih menjaga kesehatan pribadinya dengan cara pola hidup yang sehat," ungkapnya.


Terpisah, Kapolres Salatiga AKBP Gatot Hendro Hartono SE MSi melalui Kasubbag Humas Polres Salatiga, Joko Lelono kepada harian7.com mengatakan, dengan laksanakanya talk show, tentunya kami sangat megapresiasi.

"Kami harapkan  dengan penjelasan yang disampaikan kepada masyarakat dapat menumbuhkan pola perilaku hidup sehat, baik bagi dirinya sendiri keluarga maupun lingkungannya,"jelasnya.(M.Nur)
Komentar

Tampilkan

Tidak ada komentar:

Terkini