Info link

Adv

Ingin Buat PLTU, Gubernur Sumsel Studi Banding di PLTU Cilacap

Senin, 03 Februari 2020, 2/03/2020 03:29:00 PM WIB Last Updated 2020-02-03T09:16:16Z
Cilacap, Harian7.com - PT Sumber Segara Primadaya (S2P) PLTU Cilacap kedatangan tamu Gubernur Sumatera Selatan, H Herman Deru (HD) untuk study banding.

Kehadiran Gubernur Sumatera Selatan pada Kamis, (30/01/2020) di PLTU Cilacap disambut Wakil Bupati Cilacap, Syamsul Aulia Rahman, para GM PT S2P, Camat Kesugihan, Basuki Priyo Nugroho, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra, Akhmad Najib.

Dalam pertemuan tersebut, Gubernur Sumatera Selatan, HD berterima kasih atas sambutan dari PT S2P dan menyatakan Sumatera Selatan akan menambah pembangkit listrik dan salah satu acuannya adalah PT S2P.

"Di Sumatera Selatan masih ada beberapa desa yang belum teraliri listrik, sehingga kita perlu menambah pembangkit listrik," katanya.

Dia menambahkan, keinginan itu tidak lama lagi bakal terwujud. Sebagai provinsi penghasil tambang batubara terbesar di Indonesia, akan mempermudah langkah Sumsel menjadikan daerah tersebut sebagai Lumbung Energi Listrik.

“Setelah melihat dan menyaksikan Iangsung apa dan bagaimana yang dilakukan PLTU Cilacap, di sini tidak ada batubara tapi bisa membangun PLTU. Maka saya yakin kita bisa dan mampu membangun PLTU untuk pasokan listrik bagi rakyat, Iangsung dari mulut tambang,” ungkap HD.

HD juga mengaku optimis Sumsel bisa segera memiliki PLTU, yang rencananya dibangun di daerah Baturaja, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU).

Kunjungan ke PLTU Cilacap ini, menurutnya, benar-benar menambah pengalaman. Dan banyak hal yang bisa dipelajari dan diterapkan di Sumsel.

“Tidak ada masalah dengan lingkungan dan penghijauan. Ramah dengan tetangga (masyarakat) di lingkungan sekitar. lni benar-benar hal penting, utamanya saat melaksanakan pembangunan PLTU. Bagaimana manajemen mengelola listrik dan Sumber Daya Manusia (SDM),” imbuhnya.

Yang paling penting, katanya, untuk Iokasi di kawasan tambang bagaimana pihak pengelola dapat melakukan reklamasi di sekitar tambang.

“Ini perlu kita pikirkan. Juga bagaimana manfaatnya bagi masyarakat sekitar,” pungkasnya.

Sementara, salah satu pihak PT S2P PLTU Cilacap mengatakan, dengan seringnya perusahaan dan pemerintah daerah yang melakukan studi banding ke PT S2P, maka secara tidak langsung karyawan yang pernah berkerja dan berpengalaman di PLTU Cilacap lebih diakui kemampuannya.

"Banyak alumni PLTU Cilacap sekarang bekerja di pembangkit listrik yang lain. Mungkin ini efek baik adanya SMK pembangkit," katanya.


Sebelumnya, juga telah dilaksanakan upacara dalam rangka bulan Kebersihan, Ketertiban dan Keamanan (K-3) yang diikuti security PT S2P PLTU Cilacap serta pemberian hadiah dan piagam sebagai juara 1 lomba Kemampuan Satpam Tahun 2019 di Polres Cilacap.

Kemudian piala dan piagam juara 1 lomba Kemampuan Satpam ke-39 Tahun 2019 diserahkan dari koordinator security, Bambang Hermanto kepada GM Unit 1 & 2, Sugeng di area PLTU Cilacap dilanjutkan dengan pemusnahan barang bukti rokok hasil sidak yang dilakukan security PLTU Cilacap. (Rusmono)
Komentar

Tampilkan

Tidak ada komentar:

Terkini