• Jelajahi

    Copyright © HARIAN 7 - Sumber Informasi dan Mitra Bisnis Anda
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Adv

    59 Tahun Melangkah untuk Ciptakan Lulusan yang Hafal Juz-Amma

    Senin, 03 Februari 2020, 3:00:00 PM WIB Last Updated 2020-02-04T08:34:10Z
    Cilacap, Harian7.com- Berbagai perlombaan ditampilkan dalam rangka Hari Ulang Tahun (Haul) SMP Negeri 2 Cilacap, Jawa Tengah, ke 59 Tahun 2020. sudah memasuki usia ke-59 tahun 2020 ini. Hal ini merupakan kebanggaan tersendiri bagi Edy Sukamto SPd MPd, Kepala SMPN 2 Cilacap, yang baru lima bulan menjabat kepala sekolah menggantikan Saringah.

    Pria asli Purworejo, Jawa Tengah, yang mukim di Karangtengah, Sampang, Cilacap, itu setiap hari menempuh perjalanan selama 30-45 menit untuk sampai Cilacap.

    Sebagai orang baru dia belum begitu mengenal situasi yang kini dia tempati. "Silaturahmi ini mudah-mudahan mendapat ridho dari Allah SWT," ucapnya singkat saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (23/1/2020).

    Ditanya tujuan digelarnya peringatan HUT ke-59 SMPN 2 Cilacap ini, Edy mengatakan sebagai ajang silaturahmi dan introspeksi guru-guru yang sudah mengabdi selama 59 tahun di sekolah ini.

    Seperti halnya visi dan misi SMPN 2, yaitu unggul dalam mutu, santun dalam perilaku, berwawasan lingkungan, dan berlandaskan iman dan takwa.

    Visi sudah kita wujudkan dalam kegiatan bakat dan minat prestasi, juga kegiatan sosial lain. "Pasca semester 1 ada lomba mural dan Adiwiyata Kelas, karena sekolah kami sebagai Sekolah Adiwiyata dan telah dinobatkan pada 13 Desember 2019 lalu," ungkap Edy.

    Menurut dia, yang ditonjolkan sekarang adalah kesehatan lingkungan dan kebersihan lingkungan.

    Kegiatan yang mendukung Adiwiyata adalah siswa-siswi datang ke sekolah membawa barang bekal yang tidak berpengawet atau membawa sendiri alat-alat makan dari rumah.

    Bahkan, dalam uji coba lima hari kerja siswa diminta bawa makan dan minum dari rumah, disamping sekolah juga menyediakan air minum mineral.

    Tentang lomba yang ditampilkan seperti dance, musik akustik.

    Untuk bakti sosial dilaksanakan bersih-bersih di gereja, masjid. Ada juga gerak jalan kreatif dan lomba tumpeng paguyuban kelas.

    Kegiatan ekstern digelar pada 18 Desember 2019 yakni Workshop dan Seminar Perpustakaan.

    Kebetulan SMPN 2 Cilacap mendapat predikat sebagai perpustakaan terbaik di Kabupaten Cilacap. Disusul SMPN 1 Cilacap.

    Sebagai penyelenggara, SMPN 2 merupakan yang pertama kali menggelar untuk skala nasional.

    Dinas Arsip mengapresiasi karena pesertanya dari luar Cilacap banyak yang hadir. Peserta terjauh dari Sidoarjo, Jatim.

    Lomba menyanyi tunggal untuk SD. Lomba mapel terpadu yang diikuti 400-an siswa.

    "Alhamdulillah SMPN 2 Cilacap yang sudah semakin tua ini masih dipercaya," sambung Edy.


    Yang menarik, dalam peringatan HUT ini ada penyuluhan narkoba hasil kerja sama BNNK Cilacap dan Polres Cilacap.

    Untuk pelaksanaan lima hari sekolah, di SMPN 2 masuk pukul 06.45 WIB. "Lima belas menit sebelum jam pelajaran, diadakan kegiatan ngaji atau literasi. Setelah kegiatan belajar mengajar, ngaji lagi," kata Edy.

    Dengan demikian, diharapkan lulusan SMPN 2 semuanya hafal Juz Amma. Sehingga dalam salat atau menjadi imam nggak hanya hafal surat Al-Ikhlas sama An-Nas.

    Ngaji atau literasi di SMPN 2 Cilacap merupakan terobosan Edy Sukamto dalam menyikapi perkembangan generasi muda saat ini. Dia memastikan apa yang didapat lulusan SMPN 2 nantinya akan dipakai di masyarakat.

    Terkait prestasi UN, SMPN 2 menduduki peringkat ke-5 di Kabupaten Cilacap. Sedangkan dalam uji coba lima hari sekolah, pihaknya akan mendukung sepenuhnya hingga 1 semester.

    "Toh nanti akan dievaluasi bagaimana hasil uji coba selama 1 semester ini," pungkas Edy.(Rusmono)

    Komentar

    Tampilkan

    Tidak ada komentar:

    Terkini