• Jelajahi

    Copyright © HARIAN 7 - Sumber Informasi dan Mitra Bisnis Anda
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Adv

    Wilayah Jateng Berpotensi Terjadinya Banjir Besar

    Jumat, 03 Januari 2020, 7:36:00 PM WIB Last Updated 2020-01-03T12:38:11Z


    SEMARANG, harian7.com - Data BMKG menyebutkan selain Jabotabek sejumlah daerah di Jateng juga berpotensi terjadi banjir besar. Puncak penghujan akan terjadi pada bulan Januari - Februari ini dengan curah hujan hingga 500 mm.

    Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Pemprov Jateng Sarwa Pramana mengatakan bahkan wilayah Pemali Juana, Bengawan Solo dan Bogowonto harus diwaspadai terjadi banjir besar yang memungkinan terjadi di musim hujan tahun ini.

    "Kami meminta pemkab/pemkot untuk memanfaatkan kearifan lokal. Seperti menyiapkan getek atau rakit. Bisa dari kayu atau pelepah pisang. Selain juga menyiapkan ban dalam truk yang telah dipompa,"ujarnya, Jumat (3/1/2020).

    Menurutnya peralatan yang dimiliki Jateng tidak akan mencukupi jika bencana terjadi secara bersamaan di beberapa wilayah. Praktis dan butuh waktu cukup lama untuk recovery.

    Dia menambahkan Jika tidak memungkinkan pemda bisa menyewa perahu nelayan yang tidak sedang digunakan untuk melaut hingga persiapannya mulai hari ini masih berkomunikasi dengan nelayan.

    "Begitu banjir terjadi, perahu nelayan bisa langsung disewa. Kalau mengandalkan perahu karet saja, tidak cukup pas beberapa daerah terjadi banjir,"tutur Sarwa.

    Komentar

    Tampilkan

    Tidak ada komentar:

    Terkini