Iklan

Adv

Resmob Polrestabes Semarang Ringkus Pembobol ATM

Kamis, 09 Januari 2020, 9:49:00 PM WIB Last Updated 2020-01-09T14:52:41Z

Wakapolrestabes Semarang AKBP Enrico Silalahi saat pres realese ungkap pencurian dan pembobolan ATM

SEMARANG, harian7.com - Resmob Polrestabes Semarang berhasil meringkus pelaku Ariangga Teguh Prabowo yang membobol mesin ATM di Jalan Plamongan Indah pada 2 Januari 2020 dan mencuri uang sebesar Rp 775 juta.

Wakapolrestabes Semarang AKBP Enrico Silalahi mengatakan pelaku ini bekerja di sebuah perusahaan yang bergerak dibidang perbaikan mesin ATM yaitu rekan dari bank Mandiri dan sudah direncanakan untuk mencuri.

"Modus operandinya pelaku ini dengan berpura-pura memperbaiki mesin ATM, kemudian mengambil anak kunci di brangkas tersebut dan melapor kehilangan. pelaku membuka brangkas tersebut dan berhasil membawa kabur uang sebanyak Rp775 juta setelah itu dibelikan sebuah mobil dan handpone,"ujarnya, kepada media, Kamis (09/01/2020).

Menurutnya pelaku berbekal kunci tombak dan kunci dingdong. pelaku juga memutus aliran listrik untuk mematikan CCTV ATM. ketika ATM mati atau padam, seolah sedang dalam keadaan maintenance.

"Pelaku juga berhasil membawa kabur tiga kaset atau kotak berisi uang dari dalam ATM. sisa yang berhasil diamankan sebesar Rp 379 juta dari total Rp 775 juta,"tuturnya.

Sementara itu dari keterangan pelaku Ariangga Teguh menuturkan uang dari hasil pencurian tersebut untuk karaokean dan berfoya-foya, sisanya ditabung.

"Saya terpaksa melakukan pencurian ini karena ada utang pribadi sebesar Rp 100juta dan ditagih terus menerus,"ujarnya.

Pelaku saat ini mendekam di sel Polrestabes Semarang dan dijerat pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan hukuman 7 tahun penjara.(H7)
Komentar

Tampilkan

Tidak ada komentar:

Terkini