Iklan

Iklan

,

Iklan

Diguyur Hujan, Tanggul Sungai Tunjungrejo Jebol Akibatkan Banjir Bandang

Redaksi
Senin, 06 Januari 2020, 02:23 WIB Last Updated 2020-01-05T19:24:32Z
Kerja bakti benahi tanggul yang jebol.
Pati,harian7.com - Akibat diguyur hujan deras  tanggul sungai di Desa Tunjungrejo Kecamatan Margoyoso Kabupaten Pati, jebol dan mengakibatkan banjir bandang hingga menggenangi pemukiman penduduk setempat.

Untuk mengantisipasi agar tidak terjadi banjir bandang dikala hujan, warga yang dibantu dari satuan Dalmas Polres Pati, Polsek Margoyoso, Koramil Margoyoso, BPBD Kabupaten Pati, gotong royong melakukan perbaikan dan penanganan tanggul sungai yang jebol, Minggu, (05/01/2020).

Kapolsek Margoyoso IPTU Sudari mengungkapkan penyebab terjadinya jebol tanggul sungai Desa Tunjungrejo disebabkan karena tingginya curah hujan di wilayah Kecamatan Margoyoso. Selain itu juga disebabkan adanya penyumbatan aliran sungai, berupa tumpukan sampah serta tergerusnya tanggul sungai oleh derasnya arus air hujan sepanjang 8 meter dengan ketinggian 3 meter.

“Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut namun jumlah rumah warga yang terdampak banjir bandang sebanyak 3 RW dengan jumlah kurang lebih 450 KK dengan kedalaman air 1 sampai 1,5 Meter dan membawa material sampah dan lumpur,"ungkap Kapolsek.

Saat kerja bakti, para personel memperbaiki tanggul sungai dengan meletakkan karung berisi tanah. Karung-karung ini diletakan di sekitaran tanggul guna mengantisipasi jebolnya tanggul.

“Semuanya berharap dengan ditutupnya tanggul yang jebol tersebut, tidak terjadi lagi genangan di lokasi ini,”pungkas Kapolsek Margoyoso Iptu Sudari.(Tri/hms)

Iklan