Iklan

Adv

Anne Avantie: Hindari Kebiasaan Buruk, Masalah Yang Dihadapi Pelaku UKM dan UMKM Pasti Ada Jalan

Selasa, 28 Januari 2020, 5:17:00 AM WIB Last Updated 2020-01-27T22:17:18Z
Narasumber saat menyampaikan materi.
BANDUNG,harian7.com - Ratusan peserta yang bergerak dalam Usaha Kecil Menengah (UKM) dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dari 27 kota dan kabupaten di Jawa Barat serta pengurus Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) dari sejumlah kota dan kabupaten, sangat antusias mengikuti Seminar UMKM. Adapun dalam acara seminar tersebut, turut dihadirkan perancang busana Indonesia, Anne Avantie sebagai pembicara.

Disampaikan Anne, dalam Seminar UMKM 'Dari Hati ke Hati bersama Anne Avantie' di Aula Barat Gedung Sate, Senin (27/01/2020), ada banyak masalah yang pastinya akan menjadi sandungan bagi para pelaku UKM dan UMKM sebelum mereka sukses dengan apa yang diharapkannya.

“Hal yang tidak bisa dihindari oleh pelaku usaha semisal bikin makanan laku sedikit tapi sisa yang akhirnya dimakan sendiri atau dibagikan ke tetangga, bikin baju bagus, tidak laku sehingga sulit untuk membayar pekerja, bagaimana membayar utang atau pengeluaran lainnya,”ungkapnya.

Namun menurut Anne, masalah-masalah yang dihadapi oleh pelaku UKM dan UMKM tentunya bukan tidak ada penyelesaian, tetapi bagaimana cara kita menyelesaikan permasalahan tersebut. 

"Masalah datang sepaket dengan jalan keluar. Tidak ada masalah yang jalan sendiri tanpa jalan keluar. Tidak ada orang yang diberkati saja tanpa diuji, begitu sebaliknya," kata Anne.
Anne meminta kepada ibu-ibu untuk bertanya kepada diri sendiri terkait habit (kebiasaan) buruk yang bisa mempengaruhi setiap tindakan sehari-hari.

"Semua orang ingin hp baru, tapi apakah mendesak? Ini menjadi pilihan. Ada orang yang membeli bukan karena kebutuhan, artinya hp baru hanya semata-mata untuk dibanggakan," tuturnya.

Dalam acara tersebut, Anne Avantie berbagai pengalaman kepada para peserta dan menjawab sejumlah pertanyaan dari para peserta yang terkadang ide mentok atau keduluan orang lain sehingga membuat mood drop. (Din/Prn/rls/hms jbr)
Komentar

Tampilkan

Tidak ada komentar:

Terkini