Iklan

Adv

"Silaturahmi Keagamaan" Jelang Natal, Kapolres Salatiga dan Ketua FKUB Kunjungi Gereja-gereja

Minggu, 15 Desember 2019, 8:05:00 PM WIB Last Updated 2019-12-15T13:05:34Z
SALATIGA, harian7.com - Menjelang peringatan dan perayaan Natal 2019 ini, dalam kunjungan silaturahmi keagamaan khusunya silaturahmi ke gereja-gereja ini, sengaja mengajak Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB). Hal ini mempunyai tujuan untuk mempererat persahabatan dan kerukunan antar umat beragama di Kota Salatiga. Demikian ditegaskan Kapolres Salatiga AKBP Gatot Hendro Hartono SE MSi didampingi Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) KH Noor Rofiq dan pengurus BKGS Pdm Toni Baskoro, disela mengunjungi Gereja Bethel Indonesia (GBI) Narwastu, di Jalan Merapi Karanganyar, Kelurahan Kalicacing, Kecamatan Mangunsari, Kota Salatiga, Minggu (15/12/2019).

"Kami sengaja mengajak Ketua FKUB dalam "Silaturahmi Keagamaan" dengan kunjungan ke gereja-gereja di Salatiga ini. Tujuannya, untuk mempererat persahabatan dan kerukunan antar umat beragama. Dan ini menunjukkan jika FKUB peduli dengan gereja-gereja," kata AKBP Gatot Hendro Hartono.
Kapolres Salatiga dan Ketua FKUB saat diterima Pdt Erika Mataheru Tataung di GPIB dan didaulat foto bersama Pdt Sari Frihono GKJ Menara Kasih.

Ditambahkan, bahwa kunjungan ke gereja-gereja ini telah dilakukan berkali-kali, sebelum mendekati Natal 2019 ini. Dalam kunjungan ini, sekaligus disampaikan terkait dengan masalah keamanan dan pengamanan yang dilakukan aparat kepolisian menjelang dan pada saat perayaan Natal.

"Intinya, pihaknya menjamin keamanan kepada gereja-gereja dalam merayakan Natal 2019 ini. Sehingga, jemaat gereja dalam beribadah dan merayakan Natal akan menjadi aman, tenang dan nyaman," katanya.

Ketua FKUB Kota Salatiga KH Noor Rofiq menyatakan, bahwa FKUB siap untuk menjaga dan merawat semua agama di Salatiga. Hal ini menunjukkan kerukunan beragama benar-benar berjalan dan sikap toleransi benar terjaga oleh semua agama. Sehingga, dengan predikat Kota Tertoleran ini akan dapat dipertahankan bahkan ditingkatkan.

"Harapan kami, dengan saling menjaga dan merawat kerukunan beragama ini serta tetap menjaga toleransi, maka 'great' Kota Salatiga anak meningkat lebih tinggi. Selain itu, Salatiga akan benar-benar menjadi "Kota Idaman dan Tertoleran" paling tinggi di Indonesia. Dan tentunya dengan kita idaman itu akan nyaman menjadi rumah kita bersama seluruh umat beragama,"  jelas KH Noor Rofiq kepada harian7.com.

Menurutnya, dengan silaturahmi yang dilakukan bersama Kapolres Salatiga ke gereja-gereja ini, juga dilakukan kepada saudara-saudara dari agama lain seperti Islam, Hindu, Budha maupun Konghucu. Intinya, tidak akan membedakan agama satu dengan agama yang lain.

Dalam "Silaturahmi Keagamaan" bersama FKUB, Minggu (15/12/2019) ada lima gereja yang dikunjungi. Masing-masing Gereja Protestan di Indonesia Bagian Barat (GPIB) 'Tamansari' Jalan Jenderal Sudirman No 1 Salatiga. Di gereja ini diterima Pdt Martinus dan Pdt Erika Mataheru Tataung dan majelis gereja. Lalu, Gereja Bethel Indonesia (GBI) 'Narwastu" Jalan Merapi Karanganyar, Kalicacing, Salatiga diterima Pdt Henock Ardian.

Kemudian di Gereja Kristen Jawa (GKJ) 'Argomulyo' Jalan Soekarno-Hatta RT 01 RW 06 Sukoharjo, Cebongan, Salatiga dan diterima Pdt Kurniawan SSi Teol - Gereja Kristen Jawa (GKJ) 'Menara Kasih' di komplek Sinode GKJ Jalan Dr Sumardi 10 Salatiga dan diterima Pdt Sari Frihono STh dan Dwi Heru Wismanto Sidi SH - serta Gereja Kristen Injili Nusantara (GKIN) di Ngawen, Sidomukti, Salatiga diterima Pdt Matius Sukaryo.

Turut mendampingi Kapolres Salatiga AKBP Gatot Hendro Hartono SE MSi adalah Kasat Intel Iptu Santosa, Bagian Humas Polres Salatiga,  Kapolsek Sidorejo AKP Harjan Widodo SH, Kapolsek Sidomukti diwakili Kanit Sabhara Iptu Ririh, serta Kapolsek Argomulyo AKP M Zazid SH MH. (Heru Santoso).
Komentar

Tampilkan

Tidak ada komentar:

Terkini