Iklan

Adv

"Safari Gereja" Jelang Natal 2019, Kapolres Salatiga : Jemaat Gereja Hendaknya Menjadi Pelopor Menjaga Keamanan & Kondusifitas Wilayah

Minggu, 01 Desember 2019, 9:49:00 PM WIB Last Updated 2019-12-01T14:51:13Z

SALATIGA, harian7.com - Untuk kesekian kalinya Kapolres Salatiga AKBP Gatot Hendro Hartono SE MSi beserta jajaran melakukan kunjungan ke gereja-gereja di wilayah Kota Salatiga. Menjelang perayaan Natal 2019 ini, bahkan kunjungan yang dikemas dengan "Safari Gereja" mulai diintensifkan dan bekerjasama dengan Badan Kerjasama Gereja-gereja di Salatiga (BKGS).

Minggu (1/12/2019) pagi mulai pukul 06.00 wib, Kapolres Salatiga AKBP Gatot Hendro Hartono didampingi Kasat Intel Iptu Santoso SH, Kapolsek Tingkir AKP Parwanto dan Ketua BKGS Purwanto MPd melakukan "Safari Gereja" di tiga gereja. Ketiga gereja yang menjadi kunjungan masing-masing  Gereja Bethel Indonesia (GBI) Celong di Blondo, Kutowinangun Kidul, Kecamatan Tingkir - Gereja Pantekosta di Indonesia (GPdI) "Imanuel" Butuh, Kutowinangun Lor, Tingkir - serta GBI "Ora Et Labora" Jalan Buksuling No 7 Kelurahan Salatiga, Kecamatan Sidorejo, Kota Salatiga. Di.masing-masinv gereja tersebut, diterima 'gembala sidang' atau pendeta beserta majelis gereja.

"Apa yang kami lalukan dengan melakukan Safari Gereja ini, sebagai ajang silaturahmi serta antar umat beragama khususnya di Kota Salatiga. Melalui Safari Gereja ini, harapannya jemaat gereja dapat ikut menjadi pelopor dalam menjaga keamanan dan ketertiban di wilayahnya masing-masing. Keamanan terkecil dimulai dari keluarga dan jika dikeluarga sudah kuat maka akan berjenjang hingga terjalin keamanan dan kenyamanan bersama dengan masyatakat," kata AKBP Gatot Hendro Hartono dalam sambutannya disela kunjungan di GPdI 'Imanuel' Butuh Salatiga, Minggu (1/12/2019).
 
 Kapolres Salatiga AKBT Gatot Hendro Hartono saat memberikan sambutannya di salah satu gereja.



Ditambahkan,  dalam.menjaga keamanan itu Polres Salatiga tidak dapat berjalan tanpa ada kerjasama dan dukungan dari masyarakat secara umum. Dan disini tentunya juga dengan jemaat gereja-gereja. Safari Gereja ini menjadi penting apalagi sekarang ini menjelang Natal dan Tahun Baru 2020.

"Marilah kita semua menjaga kondusifitas dan  keharmonisan dengan setiap umat tanpa membedakan agama. Dan sekali lagi, untuk menjaga keamanan dan kondusifitas dibyengah masyarakat maka semua element masyarakat harus terlibat didalamnya, termasuk jemaat gereja," tandasnya.
Sementara itu, gereja yang dikunjungi semuanya menyambut baik hal itu. Bahkan, jemaat gereja merasa "diuwongke" dan langkah Polres Salatiga ini patut mendapat apresiasi.

"Meski kunjungan Kapolres Salatiga beserta jajarannya ini hanya sebentar, namun langkahnya ini semakin menguatkan jemaat gereja untuk ikut menjadi bagian dalam menjaga iklim kondusifitas Kota Salatiga. Harapannya, apa yang telah terjalin hubungan baik antara jemaat gereja dengan kepolisian ini akan terjaga terus," ujar beberapa jemaat GPdI Imanuel Butuh, Salatiga kepada harian7.com, yang mengikuti langsung "Safari Gereja" Kapolres Salatiga, Minggu (1/12/2019).
Senada dengan jemaat gereja, ketiga 'gembala sidang' atau pendeta tiga gereja tersebut mengaku senang dan bangga dengan kunjungan Kapolres Salatiga beserta jajarannya itu. Hal ini menandakan bahwa gereja-gereja juga mendapat perhatian dan menjadi bagian penting di Kota Salatiga, khususnya dalam ikut menjaga keamanan dan kondusifitas wilayah.

"Terima kasih atas kunjungan Kapolres Salatiga Bapak Gatot  Hendro Hartono beserta jajaran dan Ketua BKGS. Hal ini akan terjalin dan terbentuk komunikasi yang baik antara kepolisian dengan gereje-gereja serta akan terjadi sinergi dengan seluruh elemen masyarakat dengan kepolisian khususnya dengan Polres Salatiga," tandas Pdt Demis Jumari, pendeta GBI Celong.
Di tiga gereja tersebut, sebelum ibadah atau kebaktian dimulai, Kapolres Salatiga AKBP Gatot Hendro Hartono didaulat atau diberikan waktu untuk menyampaikan sambutan ataupun pesan-pesannya dihadapan jemaat gereja. Di GBI Celong disambut langsung Pdt Demos Jumari, GPdI Imanuel Butuh disambut Pdt Paulus Suyatno dan GPdI Ora Et Labora Buksuling oleh Pdt Harun Cahyo Budi Utomo. Bahkan, dimasing-masing gereja Kapolres Salatiga didaulat berfoto bersama dengan majelis gereja. (Heru Santoso).
Komentar

Tampilkan

Tidak ada komentar:

Terkini