Iklan

Iklan

,

Iklan

 


Ratusan Orang FMS Gelar Aksi Damai Uighur

Redaksi
Sabtu, 21 Desember 2019, 05:53 WIB Last Updated 2019-12-20T22:53:38Z
SEMARANG,harian7.com - Ratusan orang yang tergabung dalam Forum Masyarakat  Semarang (FMS) menggelar Aksi Damai, di Jalan Pahlawan,Jumat (20/12/2019). 

Aksi Damai ini adalah bentuk ikhtiar untuk memberikan kepedulian dan menyuarakan dukungan kepada masyarakat etnis Uighur yang berada di Provinsi Xinjiang, China.

Seperti informasi dan fakta yang diungkap berbagai media, bahwa etnis Uighur telah bertahun-tahun mengalami penindasan serta diskriminasi yang tidak adil dari pemerintah setempat. Masa yang diperkirakan berjumlah 500 orang berbaris rapi memadati gerbang area kantor Gubernur Jawa Tengah.

Salah Satu Orator FMS Hamas Rausyanfikr mengatakan masalah Uighur adalah masalah kemanusiaan, kebebasan beragama mereka dirampas, akidah mereka direnggut. Bukankah Hak Asasi Uighur sudah dilanggar. Maka sudah sepantasnya pemerintah dan masyarakat dunia menindak tegas para pelakunya.

"Kita memang tidak bisa datang menemui mereka dan tidak bisa menjabat tangan saudara seiman di Uighur, namun yakinlah saudara, Inysa Allah doa kita semua tembus sampai langit. Doa kita disini akan menjadi energi terhebat bagai saudara teraniaya,"ujarnya.

Sementara itu, Riski Dananto selaku Koordinator Lapangan Aksi Damai menuturkan apresiasi kepada seluruh pihak yang terlibat memberikan kepedulian.

"Alhamdulillah masa yang turun ke jalan kooperatif dan tertib. Terimakasih kepada Kapolrestabes dan Kodim Kota Semarang yang telah membantu mengamankan serangkaian acara hingga selesai,"ujar Riski.

Dalam rangkaian acara aksi damai tersebut terdapat orasi kebangsaan, dilanjutkan dengan tausyah oleh pemuka agama kemudian diakhiri dengan doa bersama .

Tercatat hadir setidaknya 30 lembaga yang mewakili berjalannya aksi damai. Perwakilan tersebut terdiri dari lembaga kemanusiaan, organisasi mahasiswa, ormas keagamaan, lembaga swadaya masyarakat dan majlis ta’lim dari berbagai daerah di Semarang.

Reporter : Andi Saputra
Editor     : M.Nur

Iklan