Iklan

Adv

Peran Pemuda Kristen dalam Upaya Pengembangan IPTEK

Minggu, 08 Desember 2019, 8:58:00 PM WIB Last Updated 2019-12-08T14:00:34Z
Salatiga,harian7.com - Pemuda Kristen merupakan bagian dari Gereja, masyarakat, dan Bangsa, yang sementara mempersiapkan diri untuk menyambut tongkat estafet masa depan pembangunan. Salah satu peran pemuda kristen dalam menyambut tongkat estafet masa depan pembangunan yaitu upaya pengembangan IPTEK. Dalam upaya pengembangan IPTEK, pemuda Kristen perlu memiliki sikap yang mencerminkan nilai-nilai kristiani. Karena banyak hasil IPTEK yang dapat digunakan oleh manusia untuk memuliakan Tuhan, tetapi juga ada manusia yang menyalahgunakannya sehingga berakibat pada dosa, misalnya: film dapat digunakan untuk menghibur tetapi juga dapat merusak moral manusia. Oleh karena itu ketika pemuda Kristen memiliki sikap yang baik dan berperan secara bertanggung jawab dalam upaya pengembangan IPTEK, hal tersebut dapat berdampak baik bukan saja untuk diri sendiri tetapi juga untuk orang lain.

Di sinilah tujuan dari karya penulisan ini untuk memberikan pemahaman tentang pentingnya peran pemuda Kristen dalam upaya pengembangan IPTEK, sikap pemuda Kristen dalam upaya pengembangan IPTEK, dan bagaimana dampak dari upaya pengembangan IPTEK yang di lakukan oleh pemuda kristen. Peran penting pemuda Kristen dalam upaya pengembangan IPTEK harus di sikapi secara bijak. Pemuda Kristen sebagai generasi masa depan bukan saja memanfaatkan produk-produk IPTEK, tetapi juga harus bertanggung jawab dengan produk-produk yang digunakan. Sehingga peran pemuda kristen dapat membawa dampak yang positif dan tidak tenggelam dalam perkembangan-perkembangan IPTEK yang terus berkembang.

Menurut Mukhalis (2007) pemuda adalah suatu generasi yang di pundaknya dibebani bermacam-macam harapan, terutama dari generasi lainnya. Hal ini dapat dimengerti, karena pemuda diharapkan sebagai generasi penerus, generasi yang harus mengisi dan melangsungkan estafet pembangunan secara berkelanjutan. Jadi pemuda Kristen juga merupakan bagian penting yang berfungsi untuk melangsungkan estafet pembangunan secara berkelanjutan dengan memiliki dasar-dasar nilai kristiani.

 IPTEK adalah singkatan dari ilmu pengetahuan dan teknologi. Menurut Liang Gie Ilmu adalah kumpulan dari kegiatan manusia yang rasional dan kognitif dengan metode membentuk aneka prosedur dan susunan langkah-langkah membuat kumpulan pengetahuan yang sistematis dan berkenan dengan variasi-variasi kesamaan, kemasyarakatan atau perorangan dengan tujuan mencari kebenaran, dapatkan informasi dan berikan informasi atau gunakan aplikasi. Menurut elul (dalam Miarso, 2007) mengatakan bahwa teknologi adalah keseluruhan dari metode yang secara rasional mengarah dan memiliki ciri-ciri efisiensi dalam setiap bidang kegiatan manusia. Jadi dalam kehidupan manusia, IPTEK merupakan satu kesatuan yang tak terpisahkan. Dimana ada manusia yang melaksanakan hidup, di situ manusia menciptakan, memiliki dan menggunakan IPTEK .

Pentingnya peran pemuda Kristen dalam upaya pengembangan IPTEK

Menurut Pdt. De Bell Letemnia (Minggu 01 desember 2019) IPTEK merupakan anugerah Tuhan bagi manusia, yang harus disyukuri dan dipergunakan untuk kemuliaan nama Tuhan. IPTEK dengan segala kemajuannya tak dapat ditahan dan dibendung, baik untuk kemajuan IPTEK itu sendiri atau bagi manusia yang menggunakan IPTEK tersebut. Gereja tidak dapat menutup diri dari sasaran kemajuan IPTEK, justru gereja yang di dalamnya ada orang-orang muda tak dapat menarik diri dari pengembangan IPTEK dengan segala perannya. Persoalannya bagi orang muda adalah bagaimana bijak menggunakan IPTEK, sebab IPTEK menjadi wadah yang dapat dipergunakan untuk mengekspresikan potensi diri. Pesan bagi orang muda di telunjuk mu itu ada kehidupan, tapi ada juga kematian. Bijak menggunakan telunjukmu supaya anugerah Tuhan tetap menjadi berkat.
 Sedangkan Menurut Tia Latuihamallo, ketua angkatan muda jemaat Pia (senin 18 november 2019) peran pemuda Kristen sangat penting dalam upaya pengembangan IPTEK, karena pemuda adalah ujung tombak terhadap sebuah perubahan besar. Seperti kutipan bung karno “Beri aku sepuluh pemuda, maka akan ku goncangkan dunia”. Pemuda itu hebat dan luar biasa. Sama halnya dengan pemuda Kristen, yang juga mampu untuk menggapai apa pun dan mampu membuat perubahan yang luar biasa untuk diri sendiri, dan juga untuk sesama. Oleh Karena itu, sedini mungkin pemuda Kristen harus harus menyemaikan dirinya baik dari sisi knowledge (pengetahuan), skill (keterampilan), dan achievement motivation (motivasi berprestasi).
Sikap pemuda Kristen dalam upaya pengembangan IPTEK.

Berdasarkan hasil penulisan artikel oleh TIM GMKI cabang Balikpapan (23 agustus 2019) mengemukakan bahwa Pemuda Kristen dipanggil untuk menggarami dan menerangi gereja, masyarakat, dan bangsa. Untuk itulah upaya pengembangan IPTEK merupakan suatu panggilan yang penting bagi pemuda Kristen. Dalam upaya pengembangan IPTEK pemuda Kristen harus mampu memberikan teladan bagaimana menggunakan IPTEK secara objektif, terbuka, jujur, dan bertanggung jawab. Ingatlah pesan Paulus dalam Timotius 4:12 “ jangan seorang pun menganggap engkau muda, jadilah teladan bagi orang-orang percaya, dalam perkataan mu, dalam tingkah laku mu, dalam kasih mu, dalam kesetiaan mu dan dalam kesucian mu”.
 Berkaitan dengan hal ini, menurut agus (1999) perkembangan IPTEK adalah hasil dari segala langkah dan pemikiran untuk memperluas, memperdalam, dan mengembangkan IPTEK. Langkah dan pemikiran untuk memperluas, memperdalam dan mengembangan IPTEK adalah pemuda kristen harus menyikapi perkembangan IPTEK dengan pola pikir yang positif dan terbuka. Hal tersebut harus dimiliki oleh pemuda Kristen, karena merupakan suatu bagaian yang penting. Sehinga dengan memiliki pola pikir yang positif dan terbuka, pemuda Kristen dapat terarah dan terkendali dalam upaya pengembangan IPTEK.

Dampak Peran Pemuda Kristen dalam upaya pengembangan IPTEK Peran pemuda Kristen dalam upaya pengembangan IPTEK, dapat berdampak baik bagi gereja, masyarakat, dan bangsa. Menurut Pdt. Yoke Dias, (29 November 2019) dampak dari peran pemuda Kristen dalam upaya pengembangan IPTEK adalah, pemuda Kristen dapat melakukan berbagai kreatifitas, dan dapat menghasilkan berbagai skill, atau kecakapan bagi kemajuan dirinya dan juga untuk kemajuan masyarakat dan bangsa. Contohnya: pemanfaatan botol plastik dan sampah plastik, untuk ekobrik. Ekobrik adalah seni memanfaatkan sampah plastik. Ekobrik yang semulanya hanya di ketahui satu orang atau sekelompok orang saja, namun dari IPTEK kegiatan tersebut dapat mendunia. Hal ini, sekaligus mengurangi pengangguran serta penyakit sosial lainnya.

Berkaitan dengan hal ini Pdt. Lily Picanussa (23 November 2019) berpendapat bahwa, dampak dari peran pemuda Kristen dalam upaya pengembangan IPTEK yaitu IPTEK dapat di manfaatkan untuk menunjang pelayanan dan misi gereja baik dalam pewartaan injil, pelayanan maupun pemberdayaan umat. Pemuda kristen berkewajiban melanjutkan memelihara, dengan mempergunakan IPTEK yang berpihak pada hidup untuk kemuliaan nama Tuhan. Kehadiran IPTEK mesti sejalan dengan tujuan Allah, untuk menghadirkan tanda-tanda syalom Allah bagi dunia. IPTEK berdampak ketika menyentuh kalangan anak sampai orang dewasa yang berakibat pada membentuk gaya hidup manusia yang lebih kreatif.

Jadi kesimpulannya, IPTEK merupakan anugerah Tuhan bagi manusia, yang harus disyukuri dan dipergunakan untuk kemuliaan nama Tuhan. Peran pemuda Kristen sangat penting dalam upaya pengembangan IPTEK, karena pemuda adalah ujung tombak terhadap sebuah perubahan besar. Dalam upaya pengembangan IPTEK pemuda Kristen harus mampu memberikan teladan bagaimana menggunakan IPTEK secara objektif, terbuka, jujur, dan bertanggung jawab. Sehingga dampak dari peran pemuda Kristen dalam upaya pengembangan IPTEK adalah, pemuda Kristen dapat melakukan berbagai kreatifitas, dan dapat menghasilkan berbagai skill, atau kecakapan bagi kemajuan dirinya dan juga untuk kemajuan gereja, masyarakat, dan bangsa.

Peran pemuda Kristen dalam upaya pengembangan IPTEK, bukan hanya sekedar mempergunakan produk-produk IPTEK. Peran pemuda Kristen dikatakan penting, jika mampu mengembangkan dan menerapkan IPTEK yang manusiawi. Hal ini, guna menunjang perkembangan gereja, masyarakat, dan bangsa yang berkeadilan secara nyata. Dengan demikian, lewat peran pemuda Kristen dalam upaya pengembangan IPTEK, dapat meningkatknya kualitas hidup dan sumber daya alam yang terjamin keberlanjutannya.

Daftar Pustaka

Tim Pengembangan dan Pembinaan Pendidikan Formal Gereja Protestan Maluku. 2008. Buku Ajar Anak Katekisasi. Jakarta: PT. KERNA KARYA CAKARA JAKARTA.

Matheis, dkk. 2008. Buku Ajar Anak Remaja. Jakarta: PT. KERNA KARYA CAKARA JAKARTA.

Retnowati. 2009. Handout Agama, Iptek, dan Masyarakat. Salatiga.
http://digilib.unila.ac.id/21121/130/BAB%20II.pdf , diakses terakhir tanggal 22 november 2019

http://cabbalikpapan.blogspot.com/2014/07/peran-pemuda-kristen-di-tengah-bangsa.html, diakses terakhir tanggal 22 november 2019

Penulis : Meike Lely Lewankoru Mahasiswa FAKULTAS ILMU TEOLOGI UKSW
Pemuda Kristen dan IPTEK

Komentar

Tampilkan

Tidak ada komentar:

Terkini