-->

Iklan

Adv

Pembangunan Proyek RDMP Cilacap Segera Dimulai

Kamis, 05 Desember 2019, 3:03:00 PM WIB Last Updated 2019-12-05T08:03:23Z
Cilacap, Harian7.com - Pemerintah melalui Pemerintah Kabupaten Cilacap gelar Sosialisasi Publik Pelaksana Early Work pembangunan proyek Refinery Development Master Plant (RDMP) PT Pertamina RU IV Cilacap tahun 2019.

Sosialisasi yang yang dimoderatori Kasi Ekonomi dan Pembangunan Sekda Kabupaten Cilacap Kamis, (05/12/2019) di gedung Patra Graha Lomanis Cilacap dihadiri Kasdim 0703/Cilacap, Mayor Inf Ahmad Rofik Alfian, Sekda Kabupaten Cilacap, Drs. Farid Maruf, ST, MM, Koordinator Proyek RDMP PT. Pertamina RU IV Cilacap, Ari Dwi Koranto, Kepala Kesbangpol Cilacap, Drs Sadmoko Danardono, Kasek PT Pertamina RU IV Cilacap, Harpolo, Kasi Ekonomi dan Pembangunan Setda Kabupaten Cilacap, Wasi Aryadi, Pimpinan OPD,  para Camat dan Lurah dari Cilacap Tengah, Cilacap Utara dan Cilacap Selatan serta tokoh masyarakat.

Dalam sambutannya, Sekda Kabupatan Cilacap mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk mengkoordinasikan berbagai hal terkait sosialisasi Early Work pembangunan RDMP PT. Pertamina RU IV Cilacap.

"Ini salah satu upaya untuk membantu kemandirian energi Nasional, khususnya pemenuhan kebutuhan BBM Nasional dan penghematan devisa dari penggunaan import BBM," katanya.

Melalui proyek ini, harapnya dapat memberikan nilai tambah bagi masyarakat Indonesia, khususnya bagi masyarakat Kabupaten Cilacap dalam penciptaan lapangan kerja, peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD), peningkatan perputaran ekonomi lokal dan peluang usaha.

"Secara pribadi dan atas nama pemerintah daerah, saya menyambut baik dan memberikan apresiasi atas rencana proyek ini," tandas Farid.

Lebih lanjut dikatakan, selain merupakan salah satu proyek strategis nasional sebagaimana ditetapkan dalam Perpres No. 3 Tahun 2016 tentang Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional, melalui proyek ini diharapkan dapat semakin meningkatkan daya saing dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Cilacap.

"Semakin besarnya operasional PT. Pertamina (Persero), diharapkan akan semakin meningkatkan peran serta atau kontribusi nyata dalam pembangunan wilayah Kabupaten Cilacap, sehingga Cilacap akan semakin maju dan masyarakatnya semakin sejahtera," harapnya.

Apabila hal tersebut dapat terwujud, menurut Farid maka dengan adanya proyek ini benar-benar merupakan kegiatan yang dapat memberikan manfaat nyata bagi masyarakat.

Usai sambutan Sekda Cilacap membuka langsung kegiatan Sosialisasi Publik Pelaksana Early Work Pembangunan Proyek Refinery Development Master Plant (RDMP) Cilacap PT. Pertamina RU IV Cilacap Tahun 2019.

Sementara, Kasi Ekonomi dan Pembangunan Sekda Kabupaten Cilacap, Wasi Aryadi, menghimbau kepada seluruh yang hadir agar kegiatan ini dishare, dan disebarluaskan kepada masyarakat tentang bagaimana RDMP ini sampai tiba di Cilacap, mengapa perlu dibangun dan bagaimana dampaknya.

Ujungnya, menurut Wasi kita semua memberikan dukungan, support agar proyek strategis nasional yang sudah ditetapkan Pemerintah ini dapat berjalan dengan kondusif, aman dan didukung seluruh lapisan masyarakat.

Koordinator Proyek RDMP PT. Pertamina RU IV Cilacap, Ari Dwi Koranto memaparkan, perencanaan pembangunan RDMP dimana Cilacap merupakan salah satu yang dipercaya pemerintah dalam proyek nasional ini.

"Di Indonesia ada 4 RDMP dan 2 GRR yang akan dibangun yaitu RDMP Dumai, Balongan, Cilacap dan RDMP Balikpapan, sedangkan untuk GRR yaitu GRR Tuban dan GRR Bontang," katanya.

Pembangunan 4 RDMP dan 2 GRR ini diharapkan akan meningkatkan ketahanan dan kemandirian energi nasional serta memperkuat keberlangsungan bisnis hilir Pertamina.

"Disini kami juga paparkan landasan proyek RDMP, kerjasama, Layout unit-unit utama proyek RDMP RU IV Pertamina, Layout pembangunan Sea Water Intake (SWI)," pungkasnya. (Rusmono)
Komentar

Tampilkan

Tidak ada komentar:

Terkini