Iklan

Iklan

,

Iklan

Pasar Johar Semarang Akan Dioperasikan Tahun Depan

Redaksi
Senin, 30 Desember 2019, 20:47 WIB Last Updated 2019-12-30T14:24:22Z

SEMARANG, Harian7.com – Pembangunan revitalisasi Pasar Johar Heritage atau cagar budaya yang mampu menampung sebanyak 1.500 pedagang hampir rampung dan dijadwalkan segera diresmikan Presiden Joko Widodo.

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi mengatakan revitalisasi Pasar Johar sudah selesai dan akan diresmikan Presiden Joko Widodo(Jokowi)

Menurutnya Peresmian Pasar Johar Heritage secara khusus akan dilakukan oleh Presiden Jokowi karena pembiayaan bangunan cagar budaya itu menggunakan dana APBN. Sedangkan lebih lanjut untuk pemanfaatan Pasar Johar akan diserahkan kembali kepada kesepakatan antara pedagang relokasi yang saat ini berada di kawasan MAJT.

"Pasca kebakaran itu kan konstruksinya tidak sesuai dengan konstruksi saat awal dibangun sehingga kapasitas pedagang tidak semua bisa tertampung. Sekarang pertanyaannya apakah menunggu semuanya pindah atau yang 60% itu mau pindah dan yang sisanya nanti menunggu dibangun,"ujarnya, saat meninjau pembangunan Alun – Alun Kota Semarang, Senin (30/12/2019).

Dia menuturkan para pedagang memiliki dua opsi. Opsi pertama berpindah semua secara serentak, atau opsi kedua menggunakan sistem undian, dimana pedagang yang belum mendapat tempat dengan jumlah kurang lebih 1.000 pedagang menunggu pembangunan blok pasar baru.

"Jadi saya tinggal mengambil kesepakatan para pedagang 40% nya akan dibangunkan lagi dekat sini,"Ujar Hendi.

Iklan