• Jelajahi

    Copyright © HARIAN 7 - Sumber Informasi dan Mitra Bisnis Anda
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Iklan

    Adv

    Bullying, Tindakan Pembullyan Hal Yang Miris

    Selasa, 17 Desember 2019, 11:10:00 AM WIB Last Updated 2019-12-17T04:10:46Z
    Penulis : Mona Tasya Doloksaribu mahasiswa UKSW fakultas TEOLOGI

    Salatiga,harian7.com - Pembullyaan mampu merusak mental seseorang. Karena setiap anak mempunyai mental yg berbeda beda, ada yang tangguh dan ada juga yang tidak bisa menerima Keadaan, Menderita, Depresi bahkan ada yang bunuh diri.Oleh sebab itu pembullyan sebenarnya harus ditiadakan jika tidak bisa ditiadakan, Maka lebih tegas lagi dalam membuat hukuman bagi yang sering melakukan pembullyan, Agar setiap orang harus lebih tahu cara menghargai orang lain.butuh banyak dukungan dari banyak pihak, keluarga, sekolah, teman , dan lingkungan sekitar.

    Bukan sekedar pembelaan bagi korban. Namun menguatkan akan membuat korban lebih percaya diri lagi untuk bangkit dari depresinya Sebab setiap orang mempunyai hak untuk bahagia, Memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi orang yg lebih berharga dan Menjadi orang sukses. Kita mengetahui Bullyan kini semakin marak dikalangan masyarakat. Dampaknya juga tidak bisa dianggap remeh. Firman tuhan tidak pernah mendukung bullyan, Karena di mata Tuhan, setiap orang adalah anak-anak yang sangat dikasihi-Nya dan berharga di mata Nya. Adapun ayat alkitab yang mendukung untuk menghadapi bullyan. “Tetapi Aku berkata kepadamu: Kasihilah musuhmu dan berdoalah bagi mereka yang menganiaya kamu. Karena dengan demikianlah kamu menjadi anak anak Bapamu yang di sorga, yang menerbitkan matahari bagi orang yang jahat dan orang yang baik dan menurunkan hujan bagi orang yang benar dan orang yang tidak benar.Matius 5;44-45.

         Pengertian Bullying adalah tindakan atau perilaku yang dilakukan dengan cara menyakiti dalam bentuk fisik, verbal atau emosional/psikologis oleh seseorang atau kelompok yang merasa lebih kuat kepada Koran yang lebih lemah fisik ataupun mental secara berulang-ulang tanpa ada perlawanan dengan tujuan membuat korban menderita. Istilah bullyan berasal dari bahasa inggris, yaitu” bully” yang berarti banteng. Secara etimologi kata “bully” berarti penggertak, orang yang menganggu yang lemah. Adapun , Pengertian Menurut Para Ahli: (Sejiwa ;2008) definisi bullying menurut sejiwa adalah sebuah situasi dimana terjadi penyalahgunaan kekuatan atau kekuasan fisik maupun mental yang dilakukan oleh seseorang atau sekelompok , dan dalam situasi ini korban tidak mampu membela atau mempertahankan dirinya.( Rigby 1994) Denifisi bullyan menurut Rigby adalah suatu hasrat untuk menyakiti yang diperlihatkan kedalam aksi secara langsung oleh seseorang atau sekelompok yang lebih kuat. Tidak bertanggung jawab, biasanya berulang, dan dilakukan secara senang yang tujuannya untuk membuat korban menderita. Definisi bullying, menurut Komisi Nasional Perlindungan Anak adalah kekerasan fisik dan psikologis berjangkau panjang yang dilakukan seseorang atau kelompok terhadap seseorang secara sengaja membuat orang lain takut atau terancam sehingga menyebabkan korban merasa takut, terancam, atau setidak-tidaknya tidak bahagia.

    Apa saja bentuk pembullyan? Dan bagaimana dampak negatif yang terjadi dalam tindakan pembullyan?
    Bentuk-Bentuk Pembullyan
    Penindasan fisik
    Korban akan menerima tindakan fisik yang kasar mulai dari menghalangi jalan korban, menyandung, mendorong, memukul, menjambak, hingga melempari dengan benda benda.

    Penindasan herbal
    Dilakukan dengan kata kata , pernyataan, julukan, dan tekanan psikologis yang menyakitkan atau merendahkan.
    Tindakan penyucilan
    Korban pungucilan mungkin tidak disakiti secara fisik maupun verbal, tetapi justru dimusuhi dan diabaikan oleh lingkungan pergaulannya.

    Penindasan dunia maya
    Penindasan yang terjadi di media sosial seperti Facebook, Instagram. Aplikasi chatting, sms dan surat elektronik (e-mail). Pembullyan akan dilakukan dengan menghina , menindas dan sindiran tajam.
    Penindasan Seksual
    Penindasannya akan mengomentari, menggoda, berusaha mengintip, bahkan menyentuh korban secara seksual.

    Dampak

    Mengalami gangguan mental, seperti depresi, rendah diri, cemas, sulit tidur nyanyak, ingin menyakiti diri sendiri, atau bahkan keinginan untuk bunuh diri.
    Menjadi pengguna obat-obatan terlarang.
    Prestasi akademik menurun. Efek ini mungkin bisa terjadi karena korban takut pergi kesekolah sehingga berdampak kegiatan belajar
    Ikut melakukan kekerasan atau melakukan dendam.

            Apa saja faktor yang menyebabkan pembullyan terjadi? Dan Bagaimana cara menghentikan pembullyan?
    a.Keluarga
    sikap orangtua yang berlebihan terhadap anaknya. Pola hidup yang berantakkan, tidak mempunyai aturan didalam kekeluargaan. Terjadinya perceraian orangtua, orangtua yang tidak mempunyai sikap stabil ,Orangtua yang tidak menghargai satu sama lain,saling mencaci maki, menghina,bertengkar dihadapan anak-anaknya , seorang remaja yang lama kelamaan akan bertumbuh dan ini menerapkan pola yang negatif seperti kebiasaan tidak menghargai orang lain, akibatnya remaja akan dengan mudah berkata kasar dan kotor. Hal ini yang dapat memicu anak menjadi pribadi yang berprilaku bully,sebab anak tersebut sering berada dilingkungan yang kasar.
    b.Sekolah
    pada dasarnya sekolah memang bertujuan untuk menumbuhkan akhlak terpuji dan berbudi pekerti yang baik.Namun, sekolah juga bisa menjadi tempat yang snagat berbahaya dalam perkembangan anak, karena disekolah kita dapat temui berbagai anak dalam ragam bentuk karakter. Adapun anggapan bullyan atau kekerasan disekolah yaitu karena Lingkungan sekolah yang kurang baik, Senioritas tidak pernah diselesaikan, Guru memberikan contoh yang kurang baik pada siswa.
    c.Media sosial
    Banyak anak yang menirukan adegan-adegan film yang ditontonya, umumnya mereka menirukan gerakannya dan kata-katanya . didalam adegan film sering sekali ditayangkan sinetron televisi yang bercerita tentang kebrutalan, kekerasan dan perkelahian yang secara tidak lansung memberikan dampak buruk bagi masyarakat terutama remaja dan anak-anak ynag masih duduk dibangku sekolahan, Hal ini dapat menciptakan prilaku anak yang keras dan kasar sampai pada akhirnya memicu terjadinnya pembullyan yang dilakukan oleh anak terhadap teman temannya disekolahan.
     Tanamkann nilai moral kepada setiap anak. Takut akan tuhan sebab tuhan yesus membenci bentuk bullying sekecil apapun. Karena itu, sebagai umat Kristen kita hrus ikut berusaha bersama masyarakat umum, badan gereja , aparat hukum dan pemerintahan untuk menghilangkan praktik bullying dari kehidupan masyarakat, itu adalah bagian panggilan kita untuk mengasihi sesama manusia.sebab Alkitab Matius 5:22 berkata “ Tetapi aku berkata kepadamu: setiap orang marah terhadap saudaranya harus dihukum; siapa yg berkata kepada saudaranya: Kafri! Harus dihadapkan ke Mahkamah Agama dan siapa yang berkata: Jahil! Harus diserahkan ke dalam neraka yang menyala-nyala”
    Ajak anak untuk bersama sama menilai dan membedakan perbuatan yang baik dengan perbuatan yang tidak patut dilakukan pada sesama
    Bangunkan komunikasi yang baik dengan anak, serta damping ia dalam proses tumbuh kembang
    Orangtua bisa mengajak anak untuk menjalani konseling agar pola pikir dan tingkah lakunya bisa lebih terarah dengan baik. Yang tak kalah penting ialah menjadi contoh teladan yang baik bagi anak. Sebab sadar atau tidak , anak akan mencontoh orang tua seabagai tolok ukur dalam bersikap.

        Perilaku bullying adalah tindakan yang tidak benar dan tindakan yang tidak sukai oleh tuhan, sekecil apapun tindakan bullyan itu. Sebab dalam Hukum nya yang kedua ia mengajarkan” kasihilah sesamamu manusia ,seperti dirimu sendiri” yg dimaksud, kita sebagai manusia harus saling menghargai satu sama lain. Sebab dimata tuhan kita adalah ciptaan nya yang setara.

       Oleh karena itu, kita sebagai manusia harus menjadikan hidup kita berharga , dengan cara melakukan yang terbaik setiap harinya, janganlah kita menyakiti ataupun merendahkan oranglain. Belajarlah menghargai orang lain sebab setiap agama mengajarkan kebaikan. Dalam Roma 12:10 “Hendaklah kamu saling mengasihi sebagai saudara dan saling mendahului dalam member hormat”



    Daftar Pustaka
    Windy,S.(2016)’Analisis faktor-faktor penyebab BULLYING dikalangan peserta didik, journal of personality anda psychology,79-102.

    https://www.alodokter.com/efek-bully-dan-cara-mengatasinya 2 desember 2019
    https://andreasnataatmadja.com/2018/07/25/bullying-dalam-pandangan-kristen/2desember2019

    https://helosehat.com/parenting/tips-parenting/jenis-bullying-penindasan-di-sekolah/
    Komentar

    Tampilkan

    Tidak ada komentar:

    Terkini