Iklan

Adv

Lanal Cilacap Gelar Latihan Penanggulangan Bencana Alam TA. 2019

Selasa, 19 November 2019, 8:11:00 PM WIB Last Updated 2019-11-19T13:11:25Z
Cilacap, Harian7.com - Guna meminimalisir kerugian yang ditimbulkan akibat bencana alam, Komando Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Cilacap gelar Latihan Penanggulangan Bencana Alam Tahun Anggaran 2019.

Latihan Penanggulangan Bencana Alam TA 2019 dibuka oleh Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Danlanal) Cilacap, Selasa (19/11/2019) di Mako Lanal Cilacap

Danlanal Cilacap mengatakan, latihan ini dimaksudkan untuk menyamakan satu pola sikap dan pola tindak serta menjalankan prosedur dengan benar dalam mengantisipasi terjadinya bencana alam.

"Kita tahu, sesuai dengan informasi yang didapat dari BNPB  bahwa Cilacap menduduki peringkat ke-1 ancaman bencana gempa dan tsunami tingkat Provinsi Jawa Tengah, dan peringkat ke-17 tingkat Nasional, sehingga perlu diadakan latihan ini," katanya.

Lanal Cilacap, jelas Danlanal secara sinergis dengan instansi terkait bekerja sama dalam membangun komunikasi, deteksi dini, melakukan respon cepat dalam menginformasikan kepada masyarakat bila terjadi bencana alam. 

"Target kegiatan ini adalah membuat produk dalam bentuk video yang nanti akan distribusikan kepada masyarakat," ungkapnya.

Ia menambahkan, tujuannya supaya masyarakat mengetahui jalur evakuasi yang sudah ditentukan dan pembagian Zona wilayah yang terdampak langsung atau tidak dengan keterangan tinggi gelombang tertentu.

"Hal ini dimaksudkan untuk meminimalisasi kerugian yang ditimbulkan oleh bencana alam tersebut," pungkasnya. (Rusmono)
Komentar

Tampilkan

Tidak ada komentar:

Terkini