Iklan

Adv

Cekeli, Program Pengobatan Gratis Dari PT S2P PLTU Cilacap

Kamis, 28 November 2019, 11/28/2019 05:50:00 PM WIB Last Updated 2019-11-28T10:50:07Z
Cilacap, Harian7.com - PT Sumber Segara Primadaya (S2P) PLTU Cilacap menepati janjinya terhadap warga Dusun Semampir, Desa Slarang, Kecamatan Kesugihan, Kabupaten Cilacap dengan mengadakan pengobatan gratis dengan tema cek kesehatan keliling (cekeli).

Pengobatan gratis yang dilaksanakan Kamis, (28/11/2019) di pendopo Dusun Semampir merupakan tindaklanjut dari tuntutan warga beberapa waktu lalu saat berunjukrasa didepan PT S2P PLTU Cilacap.

Ratusan warga Dusun Semampir yang umumnya kaum ibu-ibu dan lansia nampak antusias datang untuk memeriksa kesehatan dan konsultasi gratis disela-sela kesibukan menjalankan aktivitas sehari-hari. Mereka diperiksa satu per satu oleh tim medis yang disiapkan dari Puskesmas Kesugihan II.

Salah satu warga, Lasiyem (44) warga Jalan Masjid  RT 002 RW 007 Dusun Semampir Desa Slarang Kecamatan Kesugihan sejak lama tangannya terasa kesemutan tak pernah mencoba untuk berobat. Dia bersyukur mendapat kabar dari pengurus RT setempat jika ada pengobatan gratis

"Tangan kiri terasa kesemutan sampai tidak terasa dan belum pernah berobat. Kalau kepala terasa sakit sebelah saya beli obat di warung. Tapi sekarang ada pengobatan gratis, jadi saya sempatkan datang untuk periksa kesehatan dan konsultasi," kata perempuan dua anak ini sambil menunggu antrean.

Sedangkan warga lainnya, Sumarto (55) berharap agar kegiatan ini kalau bisa digelar rutin setidaknya tiga atau empat bulan sekali.

“Kalau pengobatannya berlangsung rutin ini akan sangat membantu keluarga yang kurang mampu yang selama ini mengandalkan BPJS untuk berobat di Puskesmas,” harapnya.

Sementara, Asisten Manager (Asmen) CSR bidang lingkungan PT Sumber Segara Primadaya (S2P), Zamzam Nurjaman mengatakan upaya peningkatan kesehatan masyarakat melalui cek kesehatan keliling ini merupakan salah satu bentuk Corporate Social Responsibility (CSR) PLTU bagi masyarakat sekitar.

“Pengobatan gratis ini diperuntukan bagi 200 warga Dusun Semampir Desa Slarang,” katanya.

Lebihlanjut Zamzam menjelaskan, melalui cekeli ini diharapkan dapat memberikan manfaat berupa peningkatan kualitas kesehatan masyarakat serta terwujudnya rasa persaudaraan antara Perusahaan dengan masyarakat sekitar.

"Kita lakukan secara rutin tiga bulan sekali secara bergilir di tiga Desa yang berada di ring satu yakni Desa Karangkandri, Menganti dan Slarang," ungkapnya.

Dokter yang mendapat mandat dari PT S2P dan yang menangani cekeli, dr. Anton Sunaryo menyatakan, kegiatan ini intinya untuk melihat bahwa masyarakat sekitar PLTU ini sehat apa tidak. Ternyata kondisinya sehat, hanya ditemukan penyakit seperti hipertensi, kaku leher, penyakit gula.

"Hasil pemeriksaan yang paling banyak hipertensi, penyakit gula juga banyak. Dan kebanyakan sakit kepala dan pegal-pegal," katanya.

Ditambahkan, secara umum kesadaran masyarakat cukup tinggi bila ada program pengobatan gratis. Bahkan, masyarakat sudah paham tindakan preventif sebelum jatuh sakit mengecek kesehatan dulu seperti kolesterol, asam urat dan gula.

"Kita juga memberikan edukasi seperti kolesterol apa, asam urat itu apa dan gula seperti apa pencegahanya," pungkasnya. (Rusmono)
Komentar

Tampilkan

Tidak ada komentar:

Terkini