Iklan

Adv

Tradisi Arak-Arak Tumpeng Meriahkan Saparan di Dusun Sawit

Selasa, 29 Oktober 2019, 10/29/2019 05:24:00 PM WIB Last Updated 2019-10-29T10:24:37Z
MAGELANG, harian7.com - Tradisi merti dusun yang biasa disebut Saparan di wilayah Kecamatan Ngablak Kabupaten Magelang masih selalu dilakukan oleh masyarakat di lereng Gunung Andong bagian selatan, Selasa (29/10/19) sejak pukul 09.00 wib hingga pukul 12.00 wib.

Kegiatan tersebut ditandai dengan mengarak tumpeng oleh warga Dusun Sawit Desa Girirejo Kecamatan Ngablak, yang dimulai dari pojok dusun menuju lereng Gunung Andong.


Salah satu warga masyarakat setempat Iyem (35) menuturkan bahwa prosesi mengarak tumpeng dalam rangka saparan ini sudah menjadi tradisi turun temurun sejak dahulu.


Hadir dalam acara tersebut Forpimcam  yang diwakili oleh Kapolsek Ngablak Iptu Sukamto didampingi beberapa anggota dan anggota Koramil Ngablak, perangkat Desa Girirejo dan tokoh masyarakat setempat.


Kapolsek mengatakan hal ini adalah bentuk rasa syukur masyarakat atas limpahan rejeki hasil pertanian dan menjaga nilai tradisi warisan leluhurnya.


" Selain itu momentum seperti ini kami gunakan untuk sambang dan melihat langsung kondisi wilayah dan budaya masyarakat, ini sangat perlu agar kerukunan dimasyarakat tetap terjalin dan menciptakan kamtibmas ," paparnya. ( Ady Prasetyo )
Komentar

Tampilkan

Tidak ada komentar:

Terkini