Iklan

Adv

PT S2P Gelontorkan Bantuan Untuk Budidaya Usaha Tambak Udang Vaname Warga Winong

Selasa, 22 Oktober 2019, 10/22/2019 12:16:00 PM WIB Last Updated 2019-10-22T05:33:39Z
Cilacap, Harian7.com - PT. Sumber Segara Primadaya (S2P) selaku pengelola Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Cilacap kembali gelontorkan bantuan tahap II kepada pengurus Koperasi Berkah Usaha Mandiri Dusun Winong Desa Slarang, Kesugihan Cilacap untuk budidaya tambak udang vaname yang saat ini sedang booming.

Bantuan sebesar Rp 378.250.000,- diberikan secara simbolis oleh General Manager unit 1 & 2 PLTU Cilacap, Sugeng yang diterima Riyadi sekretaris Koperasi Berkah Usaha Mandiri, Senin, (21/10/2019) di kantor PT S2P PLTU Cilacap disaksikan Kepala Desa Slarang, Marmin, staf Desa dan Kepala Dusun Winong serta pengurus koperasi.

Total bantuan yang diserahkan untuk modal usaha warga Winong sebesar Rp 756.500.000,- yang terbagi dalam 2 tahap. Untuk tahap I sudah diberikan beberapa waktu lalu sedangkan sisanya baru diserahkan. Ini sebagai bentuk kepedulian dan wujud tanggungjawab terhadap perekonomian masyarakat yang berada di Ring I.

Sekretaris Koperasi Berkah Usaha Mandiri, Riyadi mengatakan, ini dalam rangka penerimaan bantuan CSR untuk Koperasi Berkah Usaha Mandiri Winong. Bantuan itu untuk modal usaha membuat tambak udang vaname. 

"Bantuan modal yang diterima ini bisa untuk pemberdayaan masyarakat, sehingga meningkatkan perekonomian anggota koperasi yang terdiri dari seluruh warga Dusun Winong, Desa Slarang," katanya.

Sementara, Kepala Desa Slarang, Marmin yang menyaksikan penyerahan bantuan tersebut secara pribadi dan pemerintah Desa Slarang menyampaikan terima kasih kepada PT S2P yang telah menyalurkan bantuan modal usaha kepada Koperasi Berkah Mandiri Winong.

"Saya berharap bantuan modal yang telah diterima bisa bermanfaat bagi masyarakat Winong dalam usaha tambak udang vaname terutama untuk meningkatkan perekonomian masyarakat," katanya.

Marmin menambahkan, tentunya banyak keinginan dari pemerintahan Desa Slarang dan sangat mengharapkan lebih baik lagi. Salah satunya agar PT S2P peduli dengan warga masyarakat Slarang, supaya warganya bisa dilibatkan dengan ikut bekerja pada PLTU sesuai dengan skill.

General Manager PLTU Cilacap Unit 1 & 2, Sugeng mengatakan, program Corporate Social Responsibility (CSR) PT S2P difokuskan pada pemberdayaan masyarakat dan kelompok.

"Pemberdayaan masyarakat itu harapannya bisa berkelanjutan terkait dengan perekonomiannya agar tetap sustain," katanya.

Artinya, menurut Sugeng tetap berkelanjutan bahwa program ini efektif atau tidak, dan juga kalau program kelompok dengan harapan saling mengawasi, saling membantu dan saling mendukung terkait program-program yang telah disepakati.

"Kehadiran perangkat desa pada penyerahan bantuan agar mengetahui apa saja program CSR yang telah disalurkan PT S2P kepada Desa yang berada di Ring I, sehingga kedepan tidak ada miss komunikasi terkait dengan bantuan CSR yang dikucurkan kepada desa," tandasnya.

Lebih lanjut dia menjelaskan, kita tetap open dan terbuka untuk saling mendukung program CSR. Sebagai tetangga terdekat, kita harus selalu bantu agar perusahaan ini bermanfaat bagi orang banyak terutama tetangga terdekat, terutama masyarakat Cilacap.

"Bantuan yang disalurkan senilai Rp 756.500.000 yang diberikan dua kali. Dan bantun sekarang ini merupakan penyaluran tahap kedua senilai Rp 378.250.000," ungkapnya.

Sugeng menyatakan, bantuan tahap pertama sudah diberikan beberapa waktu lalu. Sehingga bantuan senilai Rp 756.500.000 sudah 100 persen disalurkan. Bantuan tahap kedua ini untuk usaha tambak udang vaname yang sekarang sedang booming.

"Langkah kedepan, kami akan melakukan audit terkait dengan pemakaian perkembangan koperasi," ujarnya.

Ditambahkan, kita akan dukung terkait manajemennya jika diperlukan. Hal ini untuk mengukur efektifitas bantuan CSR kepada masyarakat apakah perlu knowlegde tambahan kepada koperasi ini. Kita evaluasi perkembangannya seperti apa.

"Pendampingannya tetap dilakukan terus, tergantung kebutuhan kelompok atau koperasi itu dengan harapan agar lebih sustain dan lebih baik lagi," pungkasnya. (Rusmono)
Komentar

Tampilkan

1 komentar:

Kind A.N.H mengatakan...

Harus ada pengawasan agar tidak ada penyelewengan dana dalam pembagian, semoga dengan adanya bantuan tersebut membuat pereoknomian warga winong lebih baik .

Terkini