Iklan

Adv

Hasil Pilkades Serentak Kabupaten Semarang, 12 Calon Incumbent Tumbang

Senin, 28 Oktober 2019, 10/28/2019 11:58:00 PM WIB Last Updated 2019-10-28T17:00:25Z
Ungaran, Harian7.com - Pelaksanaan pilkades serentak di 44 Desa se Kabupaten Semarang,  Tahun 2019, pada Minggu (27/10/2019) kemarin,   yang di ikuti oleh 116 orang peserta calon Kepala Desa  terdiri dari 41 calon incumbent dan 75 calon nonincumbent dengan total DPT 140.321 terlaksana dengan sukses, lancar dan aman.

Pesta demokrasi pemilihan kepala desa yang dalam pelaksanaannya masing -masing tiap Desa  mendapatkan bantuan dari APBD sebesar 45 juta ,menghasilkan, dari 41 incumbent yang maju 29  terpilih kembali sedangkan 12  tumbang.

Berikut data 12 calon kepala Desa incumbent yang tidak berhasil  terpilih kembali, untuk di kecamatan bringin dari 3 incumbent hanya  1 yaitu Samsudin SH Desa Sendang dengan perolehan suara 1.768 suara,  sedangkan lawanya Zainul Muhtarom hanya memperoleh 167 suara,  2 lainnya masing - masing Yusmanto Desa Tanjung dan Fatchan Anshori S.Pd Desa Pakis.

Berikutnya adalah Kecamatan Pabelan dari 3 incumbent 2 gagal Hendro Wahyono SE Desa Semowo dan H.Sunaryo Desa Jembrak.

Begitu juga Kecamatan Ungaran Barat dari 3 incumbent yang gagal terpilih kembali 2 orang yaitu Miyanto S,TP Desa Gogik dan Nur Khasan Ashari Desa Branjang.


Selanjutnya, Purwoko salah satu dar 3 calon incumbent  di Kecamatan Tuntang yang mengikuti Pilkades Desa Karangtengah,  kalah telak dari rivalnya, seorang mantan sekretaris Desa Karangtengah bernama Nasikun dengan masing -masing perolehan suara Nasikun 2.049 sedangkan Purwoko hanya memperoleh 1,077 suara. Begitu juga incumbent Marsono Desa Delik juga tumbang.

Terakhir, incumbent- incumbent yang turut serta tumbang yaitu Muhammad Nurmanto Desa Bonomerto Kecamatan Suruh , Priyo Pamujo Karangduren Kecamatan Tengaran , Lilik Argo Lukito Desa Asinan Kecamatan Bawen, Desa Bergaskidul Kecamatan Bergas Saiful Hadi.

Legowo,  itulah kata yang terucap dari Yusmanto salah satu incumbent calon Kades Tanjung, Bringin,  yang gagal.

"Saya dan tim pendukung siap ikhlas legowo menerima kekalahan, kalah menang sesuatu hal yang wajar dalam pertarungan politik," tuturnya.

Terpisah, Kepala Bidang Pemerintahah Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa  Kabupaten Semarang, Aris Setyawan , saat di mintai tanggapannya melalui whatsapp terkait pelaksanaan Pilkades pada Senin pagi (28/10/2019), menyampaikan  apresiasi yang setinggi-tingginya kepada semua pihak.

"Apresiasi dan penghargaan setinggi tingginya kepada panitia pilkades, panwas pilkades, KPPS Pilkades, dan semua pihak yang terlibat dalam pelaksanaan Pilkades termasuk para calon dan masyarakat desa secara luas sehingga pilkades serentak tahun 2019 dapat berjalan dengan aman, damai, tertib dan lancar," ungkapnya.

Lanjut, Aris juga memberikan himbauan kepada calkades yang tidak terpilih agar  tetap semangat.

"Kepada calon kepala desa yang belum terpilih, jangan berkecil hati, tetap optimis dan semangat, masih banyak bidang tugas selain menjadi kepala desa dan dapat tetap berkiprah di masyarakat,"himbau Aris.

Untuk Calon Kepala Desa terpilih dan pendukungnya dia juga berharap, agar tidak mengungkapkan euforia yang berlebihan yang mengganggu Keamanan dan ketertiban masyarakat.

"Kepada calon Kepala Desa yang terpilih beserta pendukungnya, agar menjaga situasi kondusif tidak berlebihan dalam merayakannya, jaga amanah kepercayaan masyarakat dan rangkul semua pihak di desa.Pilkades telah berlalu, saatnya masyarakat kembali normal ke kegiatan masing-masing, " harapnya. (Shodiq)
Komentar

Tampilkan

Tidak ada komentar:

Terkini