Iklan

Adv

Hafal Sumpah Pemuda, Dapat Reward Dan Tidak Ditilang

Senin, 28 Oktober 2019, 10/28/2019 03:00:00 PM WIB Last Updated 2019-10-28T08:02:09Z
Cilacap, Harian7.com - Satuan Lalu Lintas (Sat Lantas) Polres Cilacap menggelar operasi Zebra-Candi 2019 untuk menertibkan kelengkapan pengendara.

Pelaksanaan Operasi Zebra Candi 2019 yang dilaksanakan Jumat, (25/10/2019) sore, digelar di Jalan Dr Soetomo, dan bekerja sama dengan Mahasiswa Politeknik Negeri Cilacap (PNC).

Berbeda dengan operasi Zebra-Candi tahun lalu, dalam operasi kali ini Satlantas memberikan reward atau hadiah, yakni bagi pengendara yang terjaring, asalkan hafal Sumpah Pemuda, pelanggar akan menerima kaos merah putih dan tidak ditilang.

Kapolres Cilacap, AKBP Djoko Julianto melalui Kasat Lantas, AKP Ahmad Nur Ari mengatakan, operasi ini bekerja sama dengan PNC, ini merupakan bentuk sinergitas dengan pelajar atau mahasiswa dalam upaya penegakan hukum dan edukasi berkait keselamatan lalulintas.

"Yang kita lakukan di sini adalah sosialisasi yang terkait dengan Sumpah Pemuda. Karena di sekitar sini ada beberapa sekolah, yang hafal Sumpah Pemuda akan diberi hadiah berupa kaos merah putih dan tidak ditilang," ungkap Kasat Lantas.

Jika kendaraannya tidak lengkap, imbuhnya, pihak Lantas hanya memberi nasihat supaya melengkapi, jika tidak hafal Sumpah Pemuda diberikan tindakan berupa tilang sesuai pelanggarannya.

Sementara, salah satu mahasiswa PNC, Mukhlis Chandra Alim menerangkan bahwa keterlibatan mahasiswa dalam giat ini sangat bagus. Mahasiswa berperan aktif, karena Indonesia pada 28 Oktober 2019 ini memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-91.

Operasi Zebra Candi 2019 kali ini, menurut dia, merupakan operasi yang beredukasi, karena ada beberapa pemuda yang tidak hafal Sumpah Pemuda.

"Pemuda Indonesia adalah keutamaan Indonesia, karena satu pemuda bisa mengalahkan satu dunia," pungkasnya. (Rusmono)
Komentar

Tampilkan

Tidak ada komentar:

Terkini