Iklan

Iklan

,

Iklan

Angka Kecelakaan Lalu Lintas 2019 di Jateng Meningkat Sejumlah 45 Persen

Redaksi
Kamis, 17 Oktober 2019, 15:59 WIB Last Updated 2019-10-17T08:59:13Z
SEMARANG, harian7.com - Polda Jateng menggandeng mahasiswa sebagai mitra pelopor keselamatan lalu lintas di acara goes to campus melalui kampus pelopor keselamatan (Kapeka) berlalu lintas dan taat pajak kendaraan yang diselenggarakan di gedung Prof Soedarto kampus Undip Tembalang, Kamis (17/10/2019).

Dir Gakkum Korlantas Polri, Brigadir Jendral Kushariyanto mengatakan kegiatan ini untuk mendekatkan adik mahasiswa karena umur mereka ini bisa dibilang milenial dan milenial ini menjadikan kepanjangan tangan kita yang berkaitan dengan tertib berlalu lintas.

"Karena yang kita lihat dan data pelaku ataupun korban akibat kecelakaan lalu lintas hampir semua mayoritas di umur milenial, makanya kita pacu, dorong serta kasih semangat karena mereka aset bagi keluarga dan bangsa,"ujarnya

Menurutnya, di Jawa Tengah sendiri baru di kampus Undip dan kampus ITB Bandung yang sudah berjalan mengikuti program goes to campus, untuk program-program selanjutnya akan kita masuki kampus-kampus laennya untuk mensosialisasikannya

Generasi muda, lanjutnya, adalah kepanjangan tangan kita dalam hal tertib berlalu lintas contoh seperti foto yang sering dilihat di media sosial (medsos) dan di pemberitaan hampir yang mengalami kecelakaan lalu lintas korbannya anak-anak muda.

Dia menambahkan dari data 2018-2019 mayoritas kecelakaan lalu lintas yaitu dari jenis kendaraan bermotor yang paling banyak, kemudian dilihat dari segi umur terbanyak anak muda.

Dari pengalaman operasi ketupat, tutur Kushariyanto, memang di Jawa Tengah adalah pintu setelah Jawa Barat dan tumpahan dari DKI Jakarta, di Jawa Tengah sendiri lebih rawan karena akan jadi evaluasi dalam hal kecelakaan lalu lintas.

"Bahkan untuk program ini sudah disebarkan di semua Polda, Dirlantas,
untuk lebih intens lagi pembinaan di usia dini, mulai dari TK, SD, SMA dan Mahasiswa-mahasiswi,"terangnya

Sementara itu, Dirlantas Polda Jateng Kombes Pol Rudi Antariksawan menuturkan angka kecelakaan lalu lintas di Jawa Tengah tahun ini meningkat jumlahnya yaitu 45 persen dibanding tahun sebelumnya

Menurutnya, di Jawa Tengah sendiri tanggal 1 Januari sampai 30 September 2019 terjadi kecelakaan lalu lintas sebanyak 19.261 kejadian dan mengalami kenaikan 45 persen dibanding kurun waktu yang sama pada 2018 yang berjumlah 13.270 kejadian.

"Kenaikan 45 persen itu masih didominasi kendaraan roda dua dan korbannya di usia produktif, kecelakaan lalu lintas setiap hari rata-rata 8-10 orang meninggal dunia,"pungkasnya. (Andi Saputra)

Iklan