Info link

Adv

Seratusan Anggota GMPK se Jateng Mengikuti Pendidikan Politik, Kerjasama Dengan Badan Kesbangpol Jateng

Kamis, 12 September 2019, 9/12/2019 11:33:00 PM WIB Last Updated 2019-09-12T16:33:25Z
SALATIGA, harian7.com - Seratusan peserta dari kabupaten/kota di Jateng yang merupakan utusan masing-masing cabang Gerakan Masyarakat Perangi Korupsi (GMPK) mengikuti pendidikan politik yang digelar bekerja sama dengan Badan Kesbangpol Jateng, di Grand Wahid Hotel Salatiga, Kamis - Jumat (12-13/9/2019). Mereka mengikuti dialog Peningkatan Koordinasi dan Komunikasi Politik Bagi Masyarakat Provinsi Jateng. Tema yang diangkat "Komunikasi Politik Yang Efektif Berdasarkan Pancasila dan UUD 1945".

Kepala Badan Kerbangpol Provinsi Jawa Tengah, Achmad Rofai menyatakan, bahwa bicara politik dan demokrasi itu adalah dua hal yang terpisah. Proses demokrasi itu dilaksanakan oleh pemerintah dan pendidikan politik itu untuk masyarakat. Secara keseluruhan bahwa bicara politik itu bukan hanya pada pemilihan umum (Pemilu). Ini yang harus dipahami.

"Khususnya pendidikan politik itu dapat dilaksanakan oleh masyarakat pada semua tatanan. Baik mulai tingkat desa/kelurahan/kecamatan ataupun pada tingkatan kabupaten/kota. Intinya, pendidikan politik bagi masyarakat itu dapat menyesuaikan dengan situasi dan kondisi yang ada," kata Rofai kepada harian7.com, seusai membuka acara yang digelar bersama dengan Gerakan Masyarakat Perangi Korupsi (GMPK) Jateng.

Terkait dengan pengawasan program pemerintah khususnya masalah korupsi, masyarakat dapat melakukannya. Sehingga aparat pemerintahan tidak akan melakukan korupsi. Pengawasan itu terbagi dalam dua yaitu pengawasan internal dan eksternal.

"Pengawasan eksternal itu masyarakat dapat ikut ambil bagian. Disini masyarakat dapat mengkritisi akan kinerja pemerintah. Apakah sudah sesuai dengan regulasi ataukah belum. Dan pemerintah tidak bisa menutup diri terhadap pengawasan masyarakat. Semua harus transparan," jelasnya.

Sementara, Ketua GMPK Jateng Edy Susanto menyatakan, bahwa kegiatan pendidikan politik ini merupakan bentuk kemitraan GMPK Jateng dengan Badan Kesbangpol Jateng. Dengan kegiatan ini, diharapkan anggota GMPK di Jateng ini dapat ikut menjadi pengawas akan kinerja pemerintah, baik itu pemerintah daerah di tingkat kabupaten/kita maupun provinsi.

"GMPK Jateng ini sangat mendukung KPK untuk tetap menjalankan programnya demi mengikis habis korupsi. Bahkan, GMPK tetap.menduking KPK untuk melakukan pemberantasan korupsi di negeri ini," tandas Edy kepada harian7.com. (Heru Santoso).
Komentar

Tampilkan

Tidak ada komentar:

Terkini