Iklan

Adv

Lahan Perkebunan Milik Perusda Tlogo Terbakar

Selasa, 10 September 2019, 9/10/2019 10:28:00 PM WIB Last Updated 2019-09-10T15:32:41Z

UNGARAN, harian7.com - Musim kemarau ini banyak lahan perkebunan maupun pertanian yang terbakar, yang terbaru kebakaran melanda Lahan Perkebunan milik Perusda Tlogo di Desa Delik, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang, Selasa (10/9/2019). Api pertama kali diketahui  muncul sekitar pukul 14.30 wib. Dari kebakaran itu,  lahan seluas 11 hektare (Ha) dilalap si  jago merah.


Informasi yang dihimpun harian7.com menyebutkan, bahwa kebakaran itu terjadi pada tiga titik. Di lahan perkebunan Perusda Tlogo di wilayah Dusun Toyogiri, Desa Delik dan di Dusun/Desa  Delik. Kemudian, lahan perkebunan Perusda Tlogo di wilayah Desa Watuagung, Kecamatan Tuntang.

Kapolsek Tuntang AKP Susanto melalui Kanit Reskrim Aiptu Yulius ketika dikonfirmasi harian7.com membenarkan akan kebakaran lahan perkebunan milik Perusda Tlogo tersebut. Awalnya api diduga muncul dari pembakaran yang dilakukan warga di daerah Watuagung. Warga tersebut membakar di lahan miliknya sendiri. Namun, dengan alat seadanya, api dapat dipadamkan bersama dengan warga sekitar.

"Dari pembakaran oleh warga di kebunnya sendiri itu, api dapat dipadamkan. Namun, tidak diduga muncul.api di.lahan perkebunan di wilayah Dusun Delik, Desa Delik. Karyawan Perusda Tlogo langsung melakukan pemadaman dengan alat seadanya. Saat dilakukan pemadaman api disini, muncul.lahi info ada kebakaran di lahan perkebunan Perusda Tlogo di wilayah masuk Desa Watuagung, Kecamatan Tuntang juga," jelas Aiptu Yulius kepada harian7.com, Selasa (20/9/2019) malam.

Ditambahkan, dari kebakaran ini akhirnya api semakin meluas dan melahap lahan pertanian itu. Dalam pemadaman ini, karyawan dan masyarakat tidak mampu lagi.memadamkan. Kemudian, melaporkannya ke petugas Pemadam Kebakaran. Selanjutnya untuk melakukan pemadaman api dilakukan oleh  petugas pemadam kebakaran.

"Enam unit mobil Damkar Kabupaten Semarang akhirnya tiba di lokasi dan langsung melakukan pemadaman api yang terus merambat membakar tumbuhan yang mengering. Selain petugas pemadam kebakaran, sejumlah organisasi relawan serta petugas dari Polsek Tuntang dan Koramil Tuntang turut membantu," katanya.

Api akhirnya dapat dipadamkan kurang lebih pukul 21.00 wib malam ini. Namun, warga sekitar masih berjaga-jaga jika kemungkinan akan muncul titik api lagi.
Sementara, salah seorang tokoh masyarakat Tlogo, Tuntang, Imam Turmudi (57) membenarkan jika ada kebakaran di lahan perkebunan milik Perusda Tlogo Tuntang. Untuk melakukan pemadaman api yang terus merembet, didatangkan enam unit mobil.oemadam kebakaran.

"Hingga malam pukul 21.09 wib, masih ada mobil pemadam kebakaran yang berjaga di lokasi kebakaran. Ini dilakukan apabila masih ditemukan titik api di lahan tersebut," tandas Imam Turmudi kepada harian7.com, Selasa (10/9/2019) malam. (Heru Santoso).

Komentar

Tampilkan

Tidak ada komentar:

Terkini