Info link

Adv

Kebakaran di Kawasan Candi Gedongsongo Gegerkan Warga

Selasa, 17 September 2019, 9/17/2019 11:11:00 PM WIB Last Updated 2019-09-17T16:11:10Z
UNGARAN, harian7.com - Masyarakat di daerah tempat wisata Candi Gedongsongo, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang dikagetkan dengan terbakarnya lahan yang berada di dekat Candi Ketiga. Kebakaran tersebut terjadi sejak Selasa (17/9/2019) pagi sekitar pukul 07.11 wib. Diduga api pertama kali muncul dari adanya semburan api dari  bawah jurang didekat kawah Candi Gedongsongo.

Kabid Pemadam Kebakaran &  Perlindungan Masyarakat, Aris Muji Wibowo menyatakan,  bahwa titik api awalnya muncul dari dalam jurang dan berlanjut membakar hutan.

"Lokasi kejadian berada di dalam jurang dan untuk memadamkan itu akhirnya menghubungi petugas pemadam kebakaran. Hanya saja, mobil Damkar kesulitan untuk melakukan pemadaman karena tidak ada jalan yang layak. Lalu, warga sekitar dengan peralatan seadanya membantu melakukan pemadaman api," kata Aris.

Selain masyarakat sekitar, para relawan maupun petugas dari BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kabupaten Semarang, Polsek Bandungan, Polsek Sumowono, Koramil Bandungan, Polisi Hutan serta pihak Pengelola Pariwisata Gedong Songo. Meluasnya api yang membakar lahan hutan itu akibat angin kencang. Untuk penyebab utama kebakaran itu, hingga kini masih dalam penyelidikan.

"Kami saat pertama mendengar kabar hutan diatas Candi Ketiga - Candi Gedongsongo terbakar, ya tetap bingung. Langkahnya ini untuk membuka tali silaturahmi antara mahasiswa maupun aparat kepolisian yang mendapat bantuan tenaga untuk membantu pemadaman api yang terus mekuas," ujarnya. (Heru Santoso)
Komentar

Tampilkan

Tidak ada komentar:

Terkini