Iklan

Iklan

,

Iklan

BUS JOGLOSEMAR JURUSAN YOGYAKARTA- SEMARANG LUDES TERBAKAR

Redaksi
Kamis, 26 September 2019, 19:11 WIB Last Updated 2019-09-26T12:11:23Z
Ungaran,harian7.com – Bus Joglosemar jurusan Yogyakarta-Semarang bernopol AB 7778 JN ludes terbakar di Gemawang, Jambu, Kabupaten Semarang, Kamis (26/9/2019) siang.

Sopir Bus, Agus Saptono (40) warga Karanganyar Gunung, Candisari, Kota Semarang mengatakan, Meski tidak ada korban jiwa, namun kerugian diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah, sebelum kejadian, saya yang membawa 20 orang penumpang tujuan Semarang dalam perjalanan tersebut , sempat istirahat di Pringsurat. Saat itu menurutnya kendaraan tidak ada masalah.

“Namun ketika melewati tanjakan perbatasan Kabupaten Semarang-Kabupaten Temanggung, AC terpantau mati. Saya curiga, bus saya tepikan dan seketika itu ada kepulan asap tebal dari mesin yang masuk ke kabin,” kata Agus.

Melihat kepulan asap tambah pekat, dirinya kemudian berinisiatif mengevakuasi seluruh penumpang untuk keluar bus. Agus juga sudah berupaya memadamkan api dengan APAR, akan tetapi api tetap saja tidak bisa dikendalikan hingga membakar seluruh bodi bus.

“Bus berangkat dari Yogyakarta sekitar pukul 10.00, sedangkan kebakaran terjadi pukul 12.30. Saya telah berupaya menepikan bus, hanya saja belum sampai turun dari badan jalan mesin bus sudah mati,"terang Agus.

Api yang terus membumbung tinggi juga mengenai kios kosong milik Tri Ariati (38), warga Gemawang, Jambu. Dua unit mobil pemadam kebakaran bersama regu damkar dari Pos Tengaran dan Pos Bringin dikerahkan untuk melakukan pemadaman. Api berhasil dikendalikan kurang dari satu jam. Selama proses pemadaman dan pendinginan bus dan kios yang terbakar arus lalu lintas jalur utama Jambu-Temanggung ditutup sementara. Imbasnya, terjadi antrean panjang kendaraan lebih kurang tiga kilometer.

“Seluruh penumpang selamat, mereka akan dialihkan untuk melanjutkan perjalanan dengan bus yang dikirim dari kantor agen terdekat,” imbuh Agus.

Kapolres Semarang, AKBP Adi Sumirat melalui Kasubag Humas Polres Semarang Iptu Budi Supraptono ketika dikonfirmasi, dari hasil olah TKP sementara pihaknya menduga kebakaran bus itu dikarenakan hubungan arus pendek pada sistem kelistrikan. Meski semua penumpang selamat, petugas mendapat laporan bila barang-barang milik penumpang yang berada di bagasi sebagian tidak bisa diselamatkan.

“Tidak ada korban jiwa. Petugas masih melakukan olah TKP untuk mengetahui penyebab bus yang terbakar, kerugian diperkirakan mencapai ratusan juta,” Jelas Kasubag Humas Polres Semarang.(Arie Budi)

Iklan