Iklan

Iklan

,

Iklan

Tingkatkan Kualitas Dosen, Unwahas Gandeng LLDIKTI 6 Jateng Gelar Lokakarya AA

Redaksi
Kamis, 08 Agustus 2019, 18:52 WIB Last Updated 2019-08-08T11:52:56Z
Semarang,harian7.com - Upaya peningkatan kualitas dosen terus dilakukan oleh jajaran Universitas Wahid Hasyim (Unwahas). Salah satunya dengan menggelar Lokakarya Applied Approach (AA) di gedung B lt. Kampus Menoreh Unwahas Semarang. Lokakarya Applied Approach ini digelar pada  Senin 5 Agustus hingga Kamis 8 Agustus 2019.

Adapun dalam acara ini dihadiri, Wakil Rektor I, Dr. H. Mudzakkir Ali, MA., Wakil Rektor III, Dr.H.Andi Purwono, S.IP.,M.Si, dan para Dekan Fakultas dan para Ketua lembaga/Pusat di lingkungan Unwahas dibuka oleh LLDIKTI Wil. 6 Jawa Tengah yang di wakili oleh Sekretaris LLDikti, Amtsar Arifin, SH., MM.

Saat acara berlangsung, Rektor Universitas Wahid Hasyim (Unwahas), Prof.Dr. H.Mahmutarom HR, SH., MH., menyambut baik para peserta Lokakarya Applied Approach (AA).

Dalam sambutanya Rektor Unwahas Prof.Dr. H.Mahmutarom HR, SH., MH.,mengatakan, Lokakarya Applied Approach (AA) merupakan pelatihan bagi dosen bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme dosen, kompetensi pedagogik dan sosial sebagai ikhtiar dalam meningkatkan kualitas mutu pendidikan serta citra pendidikan tinggi.

“Tantangan bagi perguruan tinggi adalah menstandarkan dosen sesuai dengan bidang keahlian dan menjaga kearifan lokal,” tutur Prof. Mahmutarom.

Oleh karenanya, lanjut Prof. Mahmutarom menambahkan," perguruan tinggi khususnya Unwahas harus mau dan menyiapkan dosen-dosen untuk ditingkatkan kompetensinya agar lebih kreatif, inovatif, dan mampu memberikan point positif untuk pengembangan keilmuan dan tentunya citra perguruan tinggi,"tambahnya.

Sementara itu Nur Rois S.Pd.I., M.Pd.I  selaku Sekertaris LPMP Unwahas dan Panitia Lokakarya mengungkapkan, Lokakarya (AA) Unwahas yang bekerja sama dengan LLDIKTI 6 Jateng, merupakan kegiatan lanjutan Peningkatan Keterampilan Dasar Teknik Instruksional (PEKERTI) yang sebelumya telah diselenggarakan LPMP Unwahas tahun 2018 lalu.

"Lokakarya untuk AA ini di selenggarakan sejak  hari  Senin tanggal 5 Agustus 2019 lalu hingga hari Kamis tanggal 8 Agustus 2019,  tidak hanya diikuti oleh dosen Unwahas saja, namun juga diikuti oleh dosen dari perguruan tinggi yaitu Unisfak Demak, STIFAR " Yayasan Farmasi Semarang, STIKES  Cirebon, STIKES Cendikia Kudus, Akademi Farmasi Nusantara Semarang, Universitas Indraprasta PGRI dan Universitas Islam Batik Surakarta. Peserta semua berjumlah 50 orang,"terangnya kepada harian7.com.

Sementara itu, Sekretaris LLDikti, Amtsar Arifin, SH., MM., dalam sambutanya berpesan kepada peserta lokakarya bahwa sebagai dosen harus memahami profesinya, maka dari itu tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan dan mengembangkan kompetensi pedagogik dan keterampilan mengajar yang mana dosen adalah tenaga pengajar.

“Kegiatan lokakarya ini tidak lain untuk meningkatkan kompetensi pedagogik dan keterampilan mengajar,” terangnya disela-sela membuka acara.

Lebih lanjut Amtsar Arifin mengungkapkan, dengan kegiatan ini setiap dosen memahami tugasnya dari tridharma perguruan tinggi yang pertama, yaitu pendidikan. Mulai dari perencanaan, pelaksanaan, evaluasi hingga inovasi dan peningkatan pembelajaran.
“Semoga bapak ibu nanti di akhir lokakarya AA Unwahas ini bisa 100% lulus,”ungkapnya.

Terpisah, DR H Endar Susilo SH MH salah satu dosen yang juga peserta lokakarya kepada harian7.com, Kamis (8/8/2019)  mengatakan, Ia sebagai salah satu peserta Lokakarya AA mengucapan terima kasih kepada LL Dikti 6 Jawa Tengah yang telah bekerjasama dengan Unwahas, sehingga acara ini berjalan dengan baik.

"Kegiatan Lokakarya AA ini tentunya sangat membawa manfaat bagi saya dan rekan-rekan dosen lainya. Sehingga dengan diadakannya Lokakarya ini kami sebagai dosen akan lebih memahami profesinya,"tuturnya.

Ungkapan senada juga disampaikan peserta lainya, Yayan Sudrajat S.Pd., M.Pd dosen dari Universitas Indraprasta PGRI Jakarta. "Dengan Pelatihan AA dapat membantu guna meningkatkan kwalitas dosen dalam pembelajaran, kesiapan,  Koordinasi dan pencapaian hasil yang lebih maximal,"tuturnya.

Yayan juga mengapresiasi kepada  panitia yang sangat luar biasa sehingga kegiatan ini bisa berjalan dengan lancar dan sukses, saya tidak bosan mengikuti kegiatan yang di lakukan Unwahas, terbukti saya juga mengikuti Pelatihan Pekerti di tahun 2018.
"Saya sangat mengapresiasi panitia yang sudah bekerja keras sehingga acara ini berlangsung dengan sangat baik,"ungkapnya.

Untuk diketahui, acara Lokakarya AA ini berakhir pada hari ini, Kamis (8/8/2019) sore,  di awali dengan pembacaan hasil pengumuman lulus 100%.

Dari 52 peserta disampaikan oleh Pemateri Wawan Laksito YS dan di tutup oleh Prof DR Sunandar M.Pd.(M.Nur)

Iklan