Iklan

Iklan

,

Iklan

 


Rayakan HUT RI ke 74 dan Ungkapkan Rasa Syukur, Warga Karang Duwet Gelar Merti Dusun

Redaksi
Minggu, 25 Agustus 2019, 01:02 WIB Last Updated 2019-08-24T20:08:35Z
Salatiga,harian7.com - Kegiatan Merti Dusun warga Karang Duwet, RW 02, Kelurahan Kutowinangun Lor, Kecamatan Tingkir, Kota Salatiga, menjadi momentum bagi dusun tersebut untuk berbenah. Termasuk menatap masa depan yang lebih baik. Bagi masyarakat sekitar tradisi merti dusun  dimaksudkan sebagai ajang instrospeksi dan evaluasi serta untuk menjalin silaturahmi.

Acara tersebut digelar di tanah lapang komplek perumahan Butuh, Sabtu (24/8/2019) sore,  diikuti ratusan warga setempat. Selain itu juga turut hadir Anggota DPRD Kota Salatiga dari Partai
Demokrat Muh Nur Hidayat.

Selain sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, acara merti dusun di gelar juga dalam rangka memperingati HUT RI ke 74.

Adapun serangkaian acara yang digelar  yakni  lomba K3 antar RT, selamatan dengan dibarengi makan bersama seluruh warga dan berebut isi gunungan hasil bumi.
Warga saat mengikuti acara merti dusun.

Selain itu akan dilanjutkan  karnaval budaya, yang akan di laksanakan Minggu (25/8/2019). Sedangkan acara  puncaknya akan diisi dengan malam pentas seni, yang sedianya akan dilaksanakan pada 31 Agustus 2019 mendatang.

Mulyono, selaku Ketua RW 02 Karang Duwet, saat dikonfirmasi harian7.com seusai acara doa bersama mengatakan, Tradisi merti dusun di adakan rutin setiap tahun. Acara ini telah terlaksana sejak tahun 1993.

"Acara merti dusun ini juga dalam rangka HUT RI ke 74. Warga yang hadirpun masing-masing membawa makanan yang selanjutnya dimakan secara bersama sama. Selain itu warga yang hadir juga berebut  gunungan yang mana isinya hasil bumi,"kata Mulyono.

Berita video klik dibawah ini:
Streaming TV: Rayakan HUT RI ke 74 dan Ungkapkan Rasa Syukur, Warga Karang Duwet Gelar Merti Dusun

Ditambahkan Mulyono, Tidak ada muatan lain dalam perebutan isi gunungan dalam merti dusun tersebut, melainkan  sebagai ungkapan rasa syukur warga atas limpahan berkah Allah SWT.

"Karena wilayah kami yang cukup luas dan warga kami banyak, maka acara ini adalah sebagai salah satu wadah pemersatu. Setelah lomba K3 dan merti dusun, pada hari Minggu 25 Agustus 2019 akan ada karnaval,"tambahnya.

Ungkapan senada Ketua RW 02 Karang Duwet, Pitoyo mewakili Ketua RW 02 Karang Duwet sekaligus Ketua RT 17, mengatakan, dengan adanya lomba K3, diharapkan olehnya dapat menjaga kesadaran masyarakat di wilayah RW 02 Karang Duwet, dalam mejaga kebersihan dan kelestarian lingkungan.

"Tujuan lomba ini untuk menjaga kesadaran masyarakat di sini, dalam rangka menjaga kebersihan lingkungan. Agar kesehatan masyarakat meningkat, serta menjaga kelestarian lingkungan," pungkasnya.(M.Nur)

Iklan