Iklan

Adv

Presiden RI Joko Widodo Resmi Umumkan Pemindahan Ibukota Negara Indonesia di Kalimantan Timur

Senin, 26 Agustus 2019, 8/26/2019 05:36:00 PM WIB Last Updated 2019-08-26T10:36:25Z
JAKARTA, harian7.com - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) resmi mengumumkan pemindahan ibukota negara yang baru Indonesia, yaitu di Kalimantan Timur (Kaltim). Dipilihnya Kalimantan Timur sebagai pengganti DKI Jakarta dengan alasan diantaranya resiko bencana sangat minimal. Entah itu bencana banjir, gempa bumi, tsunami, kebakaran hutan ataupun tanah longsor.

“Alasan lainnya, lokasi Kalimantan Timur itu dinilainya sangat strategis. Lokasi itu ada di tengah-tengah wilayah Ondonesia. Juga, lokasi berada dekat dengan perkotaan yang sekarang ini telah berkembang yaitu Kota Balokpapan dan Samarinda,” kata Jokowi kepada wartawan di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (26/8/2019).

Selain itu, di Kaltim ini sudah punya infrastruktur yang relatif lengkap. Untuk lahan yang dibutuhkan tidak kurang seluas 180.000 hektare. Untuk lokasi yang boleh dikatakan ideal berada di

sebagian Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian di Kabupaten Kutai Kartangera, Provinsi Kaltim.

          Jokowi saat mengumumkan pemindahan ibukota negara Indonesia ini didampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla, Gubernur Kaltim Isran Noor serta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Juga nampak para pejabat pemerintahan seperti Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro, Mendagri Tjahjo Kumolo, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN Sofyan Djalil maupun Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar. (dtc/net – Heru Santoso)
Komentar

Tampilkan

Tidak ada komentar:

Terkini