Iklan

Iklan

,

Iklan

Melalui PIK, Keberadaan Remaja Yang Berkualitas Mendukung Program Generasi Berencana (Genre)

Redaksi
Selasa, 13 Agustus 2019, 19:48 WIB Last Updated 2019-08-13T12:48:04Z
SALATIGA, harian7.com - Masa remaja hendaknya dapat dimanfaatkan  dengan sebaik mungkin. Bahkan, paling tidak diisi dengan berbagai kegiatan positif dan bermanfaat. Dan, masa-masa ini merupakan masa peralihan dari anak-anak ke dewasa. Dari sini, terdapat perkembangan  individu yang penting baik  secara fisik, mental,  maupun emosional dan sosial. Demikian ditegaskan Dra Gati Setiti MHum, Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda Kota Salatiga, dalam sambutannya pada Seminar Generasi Berencana (Genre) bagi Pengurus Pusat Informasi dan Konseling (PIK) Remaja se Kota Salatiga, di Pendopo Pakuwon, Selasa (13/8/2019).

"Remaja harus dapat menjadi seorang perantara terkait informasi khususnya seputar remaja dan perencanaan kehidupan berkeluarga dalam wadah PIK. Melalui wadah ini keberadaan remaja yang berkualitas akan sangat mendukung apa yang menjadi program Genre," kata Gati Setiti.

Menurutnya, bahwa remaja dalam bergaul memilih teman yang baik, jangan sampai justru memilih teman yang berperilaku menyimpang. Hal ini, tentunya akan berpengaruh terhadap diri remaja itu sendiri.

Dijelaskan juga, bahwa data jumlah remaja di Indonesia sendiri per Desember 2018, usia 10 - 24 tahun sebanyak 66,3 juta remaja. Artinya bahwa ada 25,6 % dari total penduduk Indonesia berumur remaja. Diakui bahwa jumlah remaja yang besar adalah aset kekayaan masa depan bangsa.

Dalam seminar ini, sebanyak 28 sekolah di Salatiga telah masuk wadah  PIK Kota Salatiga. Mereka merupakan pelajar dari  tingkat SLTP, SLTA, mahasiswa maupun masyarakat. (Heru Santoso)

Iklan