Iklan

Iklan

,

Iklan

Delegasi Indomalphi Kunjungi JCLEC

Redaksi
Rabu, 07 Agustus 2019, 18:26 WIB Last Updated 2019-08-07T11:26:56Z
SEMARANG,harian7.com - Delegasi yang tergabung dalam forum kerjasama Indonesia, Malaysia, dan Philipina (INDOMALPHI) melaksanakan kunjungan ke pusat pelatihan Polri Jakarta Center for Law Enforcement Cooperation (JCLEC) di Semarang, Jawa Tengah, Selasa (06/082019).

Kedatangannya delegasi disambut hangat oleh Direktur Eksekutif JCLEC Brigjen Pol. Nugroho S. Wibowo, dan  Superintendent Greg Davis (Executive Director Programs JCLEC).

Secara struktur organisasi, JCLEC berada di bawah Kepala Lembaga Pendidikan Kepolisian. Untuk urusan keseharian, tugas Direktur Eksekutif adalah untuk mengelola operasional dan kegiatan-kegiatan yang dilakukan JCLEC.

Kunjungan ke pusat failitas ini merupakan salah rangakain program pertemuan Indomalphi yang dilaksanakan di Semarang. Tujuan dari pertemuan ini adalah untuk memberikan gambaran dan informasi kepada para delegasi bahwa Polri telah memiliki pusat pelatihan  bertaraf internasional yang bisa digunakan untuk melatih para perseonel kepolisian untuk meningkatkan kemampuan dan kapasitasnya.

Materi pelatihan yang menjadi titik berat dalam kurukulim di JCLEC adalah intelijen, manajemen, investigasi, dan forensik. Namun investigasi dan manajemen lebih dominan ditekankan dalam setiap materi kursus bagi para peserta.

Selain itu, materi pelatihan lain juga ada, mulai dari Manajemen Insiden Paska Ledakan, Pengenalan dan Identifikasi Senjata Api, Program Anti-Teror dan Penuntutan Hukum, Kepemimpinan dalam intelijen kriminal, Program Kepemimpinan Eksekutif Regional, Manajemen Internasional pada Kejahatan Serius, Anti Pencucian Uang dan puluhan program pelatihan unggulan lainnya.

Kegiatan kunjungan diisi dengan sambutan dan  paparan singkat mengenai JCLEC yang di bawakan langsung oleh Direktur Eksekutif JCLEC.

Brigjen Pol. Nugroho mengatakan mengenai perkembangan JCLEC yang semakin baik dari tahun ke tahun dan semakin maju.

"Mulai dari perkembangan menganai keterlibatan negara-negara peserta baru dan juga keterlibatan peserta Polisi Wanita yang semakin banyak jumlahnya,"ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, para peserta delegasi diajak untk berkeliling melihat fasilitas yang mendukung jalannya kegiatan pelatihan-pelatihan di JCLEC.

Selain ruangan belajar yang dilengakapi dengan fasilitas yang canggih, JCLEC juga dilengkapi pusat kebugaran dan kolam renang. Para delegasi juga turut menyempatkan diri untuk bertemu dengan para peserta pelatihan yang merupakan personel Kepolisian Republik Indonesia yang sedang melaksanakan pelatihan. (*)

Laporan: Andi Saputra
wartawan harian7.com Semarang

Iklan