Iklan

Iklan

,

Iklan

ACT Jateng Distribusikan 50 Truk Tanki Air Bersih

Redaksi
Jumat, 23 Agustus 2019, 21:42 WIB Last Updated 2019-08-23T14:43:25Z
SEMARANG, harian7.com - Hasil perkiraan curah hujan menurut BMKG sebanyak 64,94 persen wilayah Indonesia mengalami curah hujan kategori rendah di bawah 100 mm/bulan pada bulan Agustus 2019.

BMKG menyatakan musim kemarau tahun 2019 akan terjadi kekeringan panjang akibat beberapa faktor yaitu fenomena El Nino, kuatnya Muson Australia dan anomali peningkatan suhu udara akibat perubahan iklim.

Suharsono Perwakilan dari DPRD Kota Semarang mengatakan dalam menghadapi bencana kekeringan ini, Aksi Cepat Tanggap (ACT) Jawa Tengah menyalurkan bantuan sebanyak 270.000 liter air bersih secara serentak dengan total 50 truk tanki air bersih menyebar di sepuluh kabupaten-kota Jawa Tengah.

"Saya dengar aksi nasional distribusi air bersih ini dilakukan serentak diberbagai cabang ACT di Indonesia, saya selaku wakil rakyat ikut bangga karena aksi nyata ini benar-benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,"ujarnya, dalam konfrensi Pers, di Rabani Store Semarang, Jumat (23/8/2019).

Menurutnya, bencana kekeringan ini diam-diam menghantui kita semua dan memang dampaknya tidak secara langsung dilihat seperti bencana alam lainnya.

"Bencana kekeringan ini barangkali tidak
kelihatan, namun nyata dan setiap tahun ada. Oleh karena itu, pemerintah menyambut possitif kolaborasi dengan lembaga kemanusiaan seperti ACT untuk bersama-sama kita atasi bencana laennya,"tuturnya.

Hamas Rausyanfi Ketua tim program ACT Jateng menuturkan pada hari ini
khusus Semarang, ACT mendistribusikan sebanyak sepuluh truk tanki air bersih di sepuluh titik lokasi kekeringan.

"Bencana kekeringan ini memiliki dampak yang cukup berat di masyarakat, mulai dari aspek kesehatan misalnya ketika masyarakat tidak mendapatkan air bersih untuk dikonsumsi, akhirnya air yang tidak layak konsumsi akan menyebabkan efek samping bagi kondisi kesehatan seseorang,"ucapnya.

Sri Suroto Kepala Cabang ACT Jateng mengatakan selain bantuan distribusi air bersih, aksi yang terus dilakukan ACT yaitu layanan medis gratis dan bantuan pangan.

"Untuk 4 bulan terakhir ini ACT telah memproses kurang lebih 1.400 sumur wakaf di seluruh Indonesia. Semua program yang telah dijalankan pun harus ada partisipasi yang aktif pula dari para pendonor dan penerima manfaat untuk menghadapi siklus kemarau yang sudah terjadi puluhan tahun ini,"pungkasnya.(*)

Laporan: Andi Saputra
Wartawan harian7.com semarang.

Iklan