Iklan

Iklan

,

Iklan

Rumah Tahanan (Rutan) Salatiga Peringati Hari Lahirnya Pancasila

Redaksi
Sabtu, 01 Juni 2019, 20:23 WIB Last Updated 2019-06-01T13:25:13Z

SALATIGA, harian7.com - Peringatan Hari Lahir Pancasila harus menjadi pengusaha ngat bagi kita semua akan keberagaman yang ada di Indonesia. Sebagai bangsa yang besar,  tidak boleh melupakan sejarah dan harus mengamalkan dan mengamankan Pancasila secara terus menerus untuk menghormati jasa pendiri bangsa. Demikian ditegaskan Hero Sulistiyono, Kepala Rutan Salatiga dalam amanatnya pada Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila, di Rutan Salatiga, Sabtu (1/6/2019).

"Selain itu, bahwa nilai-nilai dalam Pancasila harus bisa dijadikan dasar kehidupan berbangsa dan bernegara. Ini tidak bisa kita lupakan sampai kapanpun," kata Hero.

Sementara, Sumarno, Kasubsi Pengelolaan Rutan Salatiga yang juga perwira upacara menandaskan, bahwa peringatan hari lahirnya Pancasila ini juga dapat dijadikan dasar untuk memupuk rasa kebersamaan dan kegotongroyongan dalam kehidupan bernegara dan berbangsa. Dengan aneka ragam suku, budaya dan agama di Indonesia ini, tetap menjunjung tinggi Bhineka Tunggal Ika.

"Peringatan hari lahirnya Pancasila ini dapat pula dijadikan dasar dalam memupuk rasa kebersamaan dan kegotongroyongan dalam kehidupan bermasyarakat," katanya.

Sedangkan,  Nuryadi, Humas Rutan Salatiga menambahkan, bahwa dalam upacara ini diikuti jajaran pegawai dari Kantor Wilayah Hukum dan HAM Jawa Tengah dan Kepala Imigrasi Maumere. Meski upacara digelar di selasar  yang tempatnya terbatas, namun upacara tetap berlangsung tertib dan khidmat tanpa menghilangkan kesakralan mengenai Nilai Luhur dalam Pancasila.

"Meski digelar di tempat yang terbatas, namun upacara tetap berlangsung dengan tertib dan khidmat," tandas Nuryadi. (Heru Santoso)

Editor : M.Nur

Iklan