Iklan

Iklan

,

Iklan

 


FGD Penguatan Budaya dan Etika Politik Masyarakat Provinsi Jateng Tahun 2019, Usung Tema "Etika Politik Berdasarkan Nilai-Nilai Pancasia"

Redaksi
Jumat, 28 Juni 2019, 01:45 WIB Last Updated 2019-06-27T18:45:35Z
Salatiga,harian7.com - Tak kurang dari 80 orang  ikuti  Kegiatan FGD (Fokus Group Discussion) Penguatan Budaya dan Etika Politik Masyarakat Provinsi Jawa Tengah Tahun 2019, dengan tema Etika Politik Berdasarkan Nilai-Nilai Pancasila, di Hotel Grand Wahid Salatiga, Kamis(27/6/2019).

Hadir dalam acara sebagai narasumber yaitu Kepala Kesbangpol Provinsi Jawa Tengah Akhmad Rifai, Ketua Umum AWPI (Asosiasi Wartawan Profesional Indonesia), Dosen UIN Semarang Bahrul Fawaid SH.MH dan Ketua IPJT Suwondo dan 80 peserta Jurnalis se Jawa Tengah dari media Online maupun cetak di Jawa Tengah.

Kepala Kesbangpol Provinsi Jawa Tengah Akhmad Rifai menyampaikan kegiatan FGD tersebut adalah salah satu langkah nyata untuk memberikan pendidikan politik kepada masyarakat, khususnya insan Pers agar mampu menyajikan informasi yang proporsional serta membangun, demi terwujudnya etika politik di masyarakat, dengan berlandaskan Pancasila.

“Dengan etika politik yang berlandaskan pancasila, akan tecapai budaya politik yang bermartabat serta menjaga nilai -nilai persatuan dan kesatuan dimasyarakat,” terangnya.

Sementara itu, Ketua IPJT Suwondo menyambut baik kegiatan yang dilaksanakan oleh Kesbangpol Provinsi Jawa Tengah, karena dengan demikian nilai-nilai luhur yang terkadung dan setiap butir Pancasila bisa selalu di sosialisakan dan diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam sebuah kegiatan politik yang saat ini sudah mulai dilupakan.

Suwondo juga mengajak kepada seluruh anggotanya untuk secara serius dalam menguatkan kembali budaya dan nilai-nilai Pancasila  dalam berbagai aspek kehidupan berbangsa dan berpolitik di dalam konteks masa kini dan masa depan.

“Yang juga tidak kalah penting adalah kita sebagai pewarta selalu mengedepankan karya-karya jurnalis yang proporsional dan berimbang agar bisa turut serta dalam mencerdaskan bangsa dengan penanaman nilai-nilai Pancasila,” ujarnya.

Dengan demikian, kata Suwondo, Pancasila dengan semua butir-butirnya sudah sangat relevan di bumi pertiwi ini sebagaimana cita-cita mulia para Faonding Fathers bangsa ini meletakannya sebagai dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Marilah kita jadikan momentum dalam forum diskusi ini untuk memperkuat kembali nilai-nilai Pancasila menjadi fondasi dan perekat sekaligus payung kehidupan berbangsa dan bernegara. Dengan terus menerus menanamkan nilai-nilai Pancasila dalam keseharian kita, dalam pekerjaan dan aktifitas kita sebagai pewarta, dengan demikian apa yang kita tulis, apa yang kita kabarkan akan memberikan kesejukan kepada masyarakat, " tegasnya.(Arie Budi)

Iklan