Iklan

Iklan

,

Iklan

 


Saat Jadi Imam Sholat Jumat, DR KH Saefudin Zuhri MA (Ketua MUI Salatiga) Meninggal Dunia

Redaksi
Jumat, 31 Mei 2019, 23:49 WIB Last Updated 2019-05-31T16:49:13Z
SALATIGA, harian7.com - Kabar mengejutkan dan mengagetkan masyarakat Salatiga  diterima Jumat (31/5/2019)) siang. Pasalnya, disaat umat Islam sedang menjalankan sholat Jumat, dikejutkan dengan kabar berita lelayu. DR KH Saefudin Zuhri MA, Ketua  Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Salatiga dipanggil Tuhan atau meninggal dunia saat menjadi imam sholat jumat di Masjid Rodhotul Muttaqin, Klumpit, Kelurahan Sidorejo Kidul, Kecamatan Tingkir, Kota Salatiga. Bahkan, posisi saat meninggal dunia, Kyai Saefudin Zuhri sedang sujud.

Informasi yang dihimpun harian7.com, bahwa saat itu KH Saefudin Zuhri sedang memberikan khotbah Jumat dan sebagai khatib. Kabar duka ini langsung tersebar kepada pejabat Pemkot Salatiga, Forkopimda, tokoh agama maupun tokoh masyarakat Salatiga.

Mantan Ketua Panwaslu Kota Salatiga tahun 2004 ini, sebelumnya tidak terdengar menderita sakit. Suami dari SR Hidayah SE, mantan Komisioner KPU Kota Salatiga ini terkenal aktif dalam organisasi kemasyarakatan maupun organisasi keagamaan di Kota Salatiga. Sosok yang ramah ini, juga sebagai Dosen Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo Semarang yang sebelumnya bernama IAIN Walisongo Semarang.

"Saya mendapat kabar melalui pesan WA dari teman, dan saat membaca WA yang mengabarkan kalau Pak Kyai Saefudin Zuhri baru saja meninggal dunia saat mengimami dalam sholat Jumat di masjid. Setengah tidak percaya dengan kabar itu, saya langsung telepon ke rekan salah satu pengurus MUI Salatiga. Setelah ada jawaban benar Pak Kyai Saefudin meninggal dunia, badan ini rasanya lemas. Benar-benar kaget," kata salah seorang tokoh masyakarat Kecamatan Sidomukti yang enggan disebut namanya kepada harian7.com, Jumat (31/5/2019) sore.

Dari informasi keluarga, almarhum KH Saefudin Zuhri, dimakamkan jam 20.00 wib hari ini (malam ini). Jenasah diberangkatkan dari rumah duka di Klumpit, Kelurahan Sidorejo Kidul, Kecamatan Sidorejo, Kota Salatiga menuju makam yang tidak jauh dari rumah almarhum.

Para pejabat Pemkot Salatiga maupun dari pejabat TNI dan Polri langsung berdatangan di rumah mantan Ketua Tanfidziah NU Salatiga ini, untuk.mberikan penghormatan yang terakhir. Diantaranya Ketua DPRD Kota Salatiga Milhous Teddy Sulistio, Walikota Salatiga Yuliyanto, Ketua PCNU Salatiga H Zaenuri, Kapolres Salatiga AKBP Gatot Hendro Hartono maupun para pejabat TNI, Forkompinda, tokoh agama dan tokoh masyarakat di Salatiga serta mantan anggota Panwaslu Kota Salatiga tahun 2004.Selain itu, para tamu yang yang datang dari berbagai daerah di Jateng dan keluarga besar civitas academica UIN Walisongo Semarang. Selamat jalan Pak Kyai Saefudin..... (Heru Santoso).

Editor : M.Nur

Iklan