Iklan

Iklan

,

Iklan

Jangan ada " Air Mata" Kita Harus Jaga "Mata Air"

Redaksi
Minggu, 28 April 2019, 15:11 WIB Last Updated 2019-04-28T08:11:29Z
MAGELANG, harian7.com - Manfaat Penghijauan adalah untuk menjaga keseimbangan alam agar tetap asri dan alami sehingga manusia yang berhak menjaga dan memanfaatkan bisa hidup dengan baik, selain itu penghijauan bermanfaat untuk mencegah terjadinya banjir, akar dari pohon akan melindungi tanah dan menahan air Serta mampu mencegah adanya Global Warming.

Hal inilah yang meng-Inspirasi Ratusan Purnawirawan Pejuang Indonesia Raya ( PPIR ) dari Batalyon Artileri Medan ( Armed) 11 Guntur Geni Magelang dan sekiyarnya untuk melakukan penghijauan di hutan Pinus Taman Nasional sekaligus Taman Wisata Jurangjero yang masuk wilayah Desa Ngargosoko Kecamatan  Srumbung Kabupaten Magelang. Pada Minggu ( 28/04/19).
Danrem Kapten Arm Supriyanto dari Yon Armed 11 saat menyerahkan bingkisan dan kenang- kenangan kepada para Warakawuri.


Menurut kepala Desa Ngargosoko Budiyono ( 59 ) dilakukanya kegiatan ini atas keprihatinan akan kurang maksimalnya sumber / mata air, bahwa dahulu warga sekitar bisa memanfaatkan limpahan air sehingga bisa mencukupi kebutuhan konsumsi, pertanian hingga memelihara ikan dan lainya.

" Kami bersama-sama rekan - rekan PPIR dan masyarakat serta pemuda di sekitar wilayah ini melakukan penghijauan ini karena kepedulian kami melihat kondisi rusaknya hutan ini," terangnya.

Ada beberapa pohon yang ditanam sengaja dipilih jenis yang mengandung lebih banyak air seperti Beringin, Nyamplung serta Salam sehingga bisa menambah debit air dari sumber yang ada, Kegiatan ini juga dihadiri Beberapa unsur terkait dan Danyon Armed 11/Magelang yang diwakili Komandan Baterai Markas ( Danrema) Kapten Arm Supriyanto, didampingi beberapa anggota dan Intel, Bhabinsa maupun anggota Koramil Srumbung serta warga sekitar,

" Kekayaan alam di hutan ini sangat besar dan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat umum sehingga perlunya kita rawat dan jangan sampai keadaan dan kelangsungannya musnah dan kita yang merugi sehingga menjadi tetesan "Air Mata" namun kita harus bisa menjaga salah satu kekayaanya yaitu " Mata Air", imbuh Kades yang juga seorang Purnawirawan TNI AD dari kesatuan Armed tersebut.

Sebelum acara penanaman pohon diawali dengan tauziah oleh Ky. Sulistiono yang juga Purnawirawan TNI Batalyon Guntur Geni, selain itu ada penyerahan bingkisan dan kenang-kenangan  untuk 3 orang Warakawuri juga pembagian doorprise bagi para peserta yang disediakan oleh Serka TNI ( Purn) Sudjiarto atau Paguyuban Guntur Geni (Poskopis) Pos Komando Pisangan  ( Ady Prasetyo )

Iklan