Iklan

Adv

Gegana Unit 3 Banyumas Satbrimob Polda Jateng Sterilisasi Gereja

Sabtu, 22 Desember 2018, 12/22/2018 02:35:00 PM WIB Last Updated 2018-12-22T07:35:23Z
Cilacap, Harian7.com - Jajaran Polres Cilacap Polda Jateng meningkatkan pengamanan di beberapa Gereja besar di wilayah kota Cilacap, dan juga melaksanakan sterilisasi Gereja menjelang perayaan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019.

jajaran Polres Cilacap meningkatkan pengamanan di beberapa gereja besar diwilayah kota Cilacap salah satunya adalah melaksanakan sterilisasi gereja Sabtu (22/12/2018).

Pengamanan dan sterilisasi Gereja yang dilaksanakan, Sabtu (22/12/2018) sebagai rangkaian kegiatan operasi Lilin Candi 2018. Kegiatan operasi Lilin Candi 2018 dilaksanakan selama 10 hari dari tanggal 23 Desember 2018 hingga 01 Januari 2019.

Kapolres Cilacap, AKBP Djoko Julianto melalui Kasubbag Humas AKP Bintoro Wasono mengatakan bahwa sterilisasi dilaksanakan oleh Gegana Unit 3 Banyumas Satbrimob Polda Jateng di tujuh gereja besar di wilayah kota Cilacap.

"Gereja yang dilakukan sterilisasi antara lain gereja HKBP, Gereja Maranatha, Gereja Kristen Jawa (GKJ), Gereja Kristen Indonesia (GKI), Gereja Stevanus, Kapel Demajenot, Gereja GPIB," katanya.

Kasubbag Humas Polres Cilacap menambahkan, pemeriksaan dilakukan di semua ruangan gereja menggunakan alat metal deteksi dan senter mulai dari pintu masuk gereja, tempat peribadahan dan ruang-ruang lain seperti halaman dan pagar keliling gereja.

"Ini sebagai upaya antisipasi jika ada bahan peledak atau benda benda  berbahaya lainnya yang berbahaya, sehingga masyarakat yang melaksanakan perayaan natal dan tahun baru  merasa aman dan nyaman, " jelasnya. 

Polres Cilacap menempatkan sedikitnya 20 sampai 30 personil pengaman disetiap gereja besar di wilayah kota Cilacap untuk berjaga selama 1x24 jam dengan sistem piket bergantian yang dipimpin seorang Perwira Pengendali.

Tidak hanya Polri saja, tandasnya namun dari pihak TNI, Satpol PP, ormas dan Linmas juga dilibatkan untuk menciptakan situasi aman dan kondusif di Kabupaten Cilacap selama natal dan tahun baru.

"Untuk gereja di wilayah luar kota akan dilaksanakan pengaman maupun Patroli oleh Polsek dan Koramil setempat," pungkas Kasubbag Humas. (Rusmono)
Komentar

Tampilkan

Tidak ada komentar:

Terkini