Iklan

Iklan

,

Iklan

Peringati HUT TNI, Kodim 0703/Cilacap Gelar Baksos Operasi Katarak Gratis

Redaksi
Sabtu, 06 Oktober 2018, 22:04 WIB Last Updated 2018-10-06T15:04:28Z
Cilacap, Harian7.com - Ratusan warga masyarakat Kabupten Cilacap menjalani Screening Operasi Katarak yang dilaksanakan Kodim 0703/Cilacap dalam rangka memperingati HUT TNI Ke 73 tahun 2018.

Acara yang diselenggarakan, Sabtu (06/10/2018) di Gedung Vihara Avalokitesvara Cilacap, merupakan salah satu rangkaian kegiatan bakti sosial yang dilaksanakan Kodim 0703/ Cilacap. Dalam pelaksanaannya, Kodim menggandeng Persatuan Dokter Mata Indonesia (PERDAMI) dari DIY. 

Selain operasi katarak, dalam peringatan HUT TNI ke 73, Kodim 0703/ Cilacap juga melaksanakan beberapa kegiatan lainnya seperti donor darah, KB Kes dan karya bakti.

Sebelumnya, Koramil Jajaran Kodim yang juga sebagai pendamping dari masyarakat telah mendata sendiri yang akan menjadi pasien Opersai Katarak tersebut.

Operasi Katarak kali ini akan dilaksanakan selama dua hari dengan diawali screening dan dilanjutkan operasi katarak bagi yang memenuhi syarat.

Dandim 0703/Cilacap melalui Pasiter Kapten Inf Marjono mengatakan, Bakti sosial ini terselenggara sebagai bentuk keperdulian TNI terhadap rakyat dan bersama Persatuan Dokter Mata Indonesia menyelenggarakan kegiatan ini.

"Ini merupakan suatu bentuk kemanunggalan antara TNI dengan Rakyat seperti halnya tema pada peringatan HUT TNI tahun ini, Profesionalisme TNI untuk rakyat," katanya.

Data sementara peserta operasi katarak sebanyak 236 pasien dan besar kemungkinan akan semakin banyak  dan bertambah lagi untuk jumlah pasien operasinya.

"Screening dilakukan di Gedung Vihara ini dan jika pasien dinyatakan memenuhi syarat untuk penanganan lebih lanjut, maka operasi akan dilakukan keesokan harinya dan bagi yang jauh sudah disediakan tempat untuk menginap," jelasnya.

Lebih lanjut Pasiter mengungkapkan, dalam rangka mensukseskan kegiatan operasi katarak gratis ini, Kodim melalui Jajaran dan para Babinsanya, telah menginformasikan rencana kegiatan tersebut kepada masyarakat baik lewat desa maupun langsung ke warga yang menderita mata katarak.

"Oleh karenanya saya yakin, calon pasien katarak ini akan terus bertambah lagi," tandas Kapten Marjono. (Rusmono)

Iklan