Iklan

Iklan

,

Iklan

 


Pelatihan Wirausaha, Rumah Zakat Berbagi Ilmu Usaha Rumahan Kepada Ibu Rumah Tangga

Redaksi
Senin, 22 Oktober 2018, 22:59 WIB Last Updated 2018-10-22T15:59:40Z
Salatiga,harian7.com - Rumah Zakat mengadakan pelatihan wirausaha bagi sejumlah ibu rumah tangga di Desa Berdaya Dukuh, Kecamatan Sidomukti, Kota Salatiga pada hari Senin (22/10/2018).

Pelatihan wirausaha kali ini difokuskan pada praktik membuat makanan ringan yaitu sosis ayam dan susfla yang digelar di Jl. Sumantri Raya No. 14 Perum Griya Dukuh Asri Salatiga. Peserta dari pelatihan ini merupakan penerima manfaat dalam bidang pemberdayaan ekonomi dari Rumah Zakat.

Dwi Pujiyanto yang merupakan fasilitator Rumah Zakat yang tinggal di RW 09 Kelurahan Dukuh Salatiga ini telah menginisiasi kegiatan pelatihan wirausaha bagi ibu-ibu. Dari pelatihan wirausaha tersebut terbentuk Kelompok Usaha Bersama (Kube) yang diberi nama “Kube UMMI”. Kube yang dimaksud bergerak dalam usaha penyedia snack atau makanan ringan dan catering.

“Rumah Zakat menginisiasi pelatihan wirausaha bagi ibu-ibu untuk memberdayakan potensi yang dimiliki oleh ibu-ibu. Mereka sangat berpengalaman dalam masak membuat makanan. Rumah Zakat mengumpulkan mereka dan mengintervensi terbentuknya Kelompok Usaha Bersama (Kube). Dan mereka antusias dan bersepakat. Kube ini kita beri nama Kube UMMI. Semoga ke depan dengan memperbanyak sosialisasi, banyak masyarakat yang memesan,” kata Dwi Pujiyanto kepada harian7.com, Senin (22/10/2018).

Sementara itu, Siti Mudrikah, salah satu penerima manfaat dari program Rumah Zakat menyambut ide dari Relawan Rumah Zakat untuk membentuk Kube dengan baik. Ia setuju dengan ide atau gagasan tersebut. Dengan usaha bersama dapat saling belajar dan mempererat persaudaraan.

“Iya,  pak. Saya setuju. Kalau dikerjakan bersama-sama, kan, bisa saling belajar dan dapat meningkatkan persaudaraan serta kerukunan diantara kita. Siap, pak, kalau nanti ada pesanan, kita kerjakan bersama-sama. Untuk perlengkapan masak diantara kita juga sudah punya. Insya Allah nanti jalan, pak,” kata Siti Mudrikah yang sehari-hari memproduksi peyek.

Kekompakan ibu-ibu dalam kegiatan pelatihan wirausaha membuat makanan ringan kali ini sangat tampak. Pasalnya mereka adalah kelompok penerima manfaat dari Rumah Zakat yang juga mengikuti program belajar membaca Al-Qur’an setiap hari Jumat. Jadi mereka sudah sering berinteraksi.

Hasil dari membuat sosis ayam dan susfla kali ini dikemas semenarik mungkin dan rasanya juga enak. Usai kegiatan, hasil olahan tersebut dibagi-bagi untuk dibawa pulang dinikmati bersama keluarga.(Muza)

Iklan